Hikmah

 

Tingkatan Dosa dan Jenis-Jenisnya

Dalam agama Islam, dosa dapat dibagi menjadi dua berdasarkan tempatnya, yaitu zahir (pada anggota tubuh) dan batin (tersimpan di dalam hati). Selain itu, dosa juga dapat dikategorikan berdasarkan sasarannya, yaitu dosa yang berkaitan dengan hak Allah dan dosa yang berhubungan dengan hak makhluk-Nya.

Cahaya dalam Hati yang Bersih

Kita semua harus berusaha menjauhi hal-hal yang tidak penting dan hal-hal yang tidak bermanfaat dari kesibukan urusan duniawi. Demikianlah nasihat Habib Umar yang jika benar-benar diperhatikan, maka hati akan menjadi bersih dan bersinar terang dipenuhi cahaya.

Bukan Orang Alim, Jika ia Masih Punya Sifat Sombong

Dalam beragama, kesombongan seringkali menjadi masalah yang sering terjadi dalam ibadah. Banyak orang yang terjatuh dalam kesombongan, bukan hanya karena harta, kekuasaan, atau kecerdasan. Kesombongan ini muncul ketika seseorang menganggap remeh orang lain dan merasa lebih mulia dari mereka.

Kebahagiaan Orang Tua di Alam Kubur ketika Diziarahi atau Didoakan Anaknya

Terdapat penjelasan di dalam Kitab Ar-Ruh karya Syaikh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, tentang apa yang terjadi kepada orang tua ketika kita berziarah ke makam mereka atau ketika ketika mendoakannya. 

Sebuah Refleksi Hikmah Kehidupan: Tuhan, Kasihani Kami yang tak Mengenal Kasih-Mu...

Masya Allah kana wa ma lam yasya’ lam yakun. Sungguh apa yang dikehendaki-Nya pasti akan terjadi, dan apa yang tak dikehendaki-Nya pasti tidak akan terjadi.

Hikmah Malam Nishfu Sya’ban tidak Dirahasiakan

"Dikatakan, bahwa Malam Nishfu Sya’ban disebut Malam Pembebasan karena di dalamnya terdapat dua pembebasan. Pertama, pembebasan untuk orang-orang celaka dari siksa Allah yang Maha Penyayang. Kedua, pembebasan untuk para kekasih Allah dari kehinaan."

Integritas Ummul Mukminin, Sayyidah Aisyah

Integritas Sayyidah Aisyah tidak bisa diragukan lagi. Kepakarannya dalam menyampaikan Hadis yang didapatkannya dari Rasulullah SAW telah menjadi rujukan banyak ulama, karena memang kredibelitasnya yang sangat tinggi.

Keteladanan Rasulullah sebagai Ayah Sayyidah Fatimah

Meskipun cinta Rasulullah SAW kepada putrinya begitu besar, tetapi hal itu tidak menyebabkan lantas mendahulukannya daripada kepentingan umatnya. Rasulullah SAW tetap mendahulukan umatnya yang kekurangan daripada kepada Sayyidah Fatimah.

Keteladanan Ummul Mukminin, Sayyidah Khadijah

Tak kuasa menahan air mata, banyak yang menangis haru membaca kisah Ummul Mukminin, Sayyidah Khadijah, Istri Rasulullah SAW. Sosok panutan dan merupakan perempuan yang sangat istimewa.

Hikmah dan Keutamaan Bulan Sya’ban, Wajib Diketahui

Bulan Sya'ban memiliki banyak hikmah dan keutamaan sebagai berikut. Apa saja itu?

Menampilkan 31 - 40 dari 1.986 Hikmah