Biografi Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad

 
Biografi Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad
Sumber Gambar: Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad (foto istimewa)

Daftar Isi Profil Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Nasab
  4. Keturunan
  5. Perjalanan Hidup
  6. Chart Silsilah Sanad
  7. Referensi

1. Kelahiran

Beliaulah Habib Muhammad bin Thohir Al-Haddad, Awliya Allah yang dilahirkan di kota Geidun, Hadramaut pada tahun 1838 M.

2. Wafat

Ketika berumur 47 tahun, beliau bersama dua anaknya berkunjung ke Indonesia. Selama 45 hari, beliau berdakwah dan berdagang di berbagai kota; namun kemudian jatuh sakit dan meninggal di kota Tegal pada 18 Rajab tahun 1885 M. beliau dimakamkan di pemakaman Kauman, yang kelak disebut Makam Al Haddad.

Haul Al Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad pertama kali diselenggarakan oleh Al Habib Muhammad bin Idrus Al Habsyi (1265 H-1337 H), Surabaya, Guru yang banyak membentuk karakter kedua putra Al Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad. Semoga berkah ilmu dan teladan beliau senantiasa menyelimuti masyarakat Tegal khususnya dan Muslimin pada umumnya dan akan dikenang selalu dengan senantiasa mempelajari sejarah beliau dan mengamalkan ajaran dan akhlaq beliau.

3. Nasab

Al Habib Muhammad bin Thohir bin Umar bin Abubakar bin Ali bin Alwi bin Abdullah (shahiburratib) Al-Haddad bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad bin Alwi bin Ahmad bin Abubakar bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi bin Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Abdullah bin Ahmad AlMuhajir bin Isa bin Muhammad anNaqib bin Ali alUraidhi bin Ja’far asShadiq bin Muhammad Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib kw. suami dari Fatimah az-Zahra putri Rasulullah SAW.

Ayah beliau Al-Habib Thohir bin Umar Alhaddad adalah seorang ulama besar di kota Geidun, Hadramaut. Al-Habib Thohir banyak membaca buku di bawah pengawasan dan bimbingan ayah dan kakek beliau, sehingga diberi ijazah oleh ayah dan kakeknya sebagai ahli hadist dan ahli tafsir. Habib Muhammad bin Thohir sendiri adalah seorang yang wali min auliya illah yang sebelumnya banyak belajar dari kakeknya dan ulama hadramaut hingga dikenal sebagai ulama besar yang menjadi rujukan di zamannya.

4. Keturunan

Tidak hanya Ayah dan beliau sendiri, putra-putranya pun harum namanya dengan kewalian yang masyhur yakni Habib Alwi bin Muhammad Al Haddad (1299 H- 1373 H) yang dimakamkan di Kramat, Empang, Kota Bogor dan adiknya Al-Habib Husein bin Muhammad Al Haddad (1302 H-1376 H) yang sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk berdakwah di Tuban dan Jombang, Jawa Timur tetapi pada akhir umur, beliau dimakamkan di samping makam ayahandanya.

Dua anak beliau, Habib Husin Al haddad wafat dan di makamkan di Tegal, tapat di samping makam sang ayah. Sedangkan Habib Alwi Al Haddad wafat di Bogor dan di makamkan di Kramat Empang, Bogor.

5. Perjalanan Hidup

Dalam perjalanan hidupnya, Habib Muhammad juga sukses sebagai saudagar. Bila berkunjung ke suatu tempat, beliau membawa 40 pembantunya untuk memikul berbagai keperluan untuk menjamu penduduk kota, bukan Habib Muhammad yang menjadi tamu, justru orang kota yang menjadi tamunya.

Inilah salah satu makam tokoh Islam setempat yang layak Anda masukkan dalam daftar kunjungan wisata ziarah. Makam Al-Haddad merupakan salah satu tempat di Kota Tegal yang banyak dikunjungi peziarah. Di sinilah dimakamkan Habib Muhammad bin Thohir al Hadad, Seorang tokoh Islam Kharismatik. Habib Muhammad bin Thohir al Hadad merupakan salah seorang tokoh penting penyebar agama Islam di wilayah pesisir panturan, terutama Tegal dan sekitarnya.

Sepanjang hidupnya, beliau banyak menghabiskan waktunya untuk mengenalkan Islam kepada masyarakat setempat. Hingga akhir hayatnya, Habib Muhammad bin Thohir al Hadad tinggal di Tegal dan dimakamkan di Desa Kraton, Kauman, Tegal Barat, Untuk mengenang jasanya, setiap tahun digelar peringatan Haul Habib Muhammad bin Thohir al Hadad. Ribuan orang memadati tempat acara haul berlangsung dan memanjatkan doa untuk Habib Muhammad bin Thohir al Hadad.

6. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad murid Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad dapat dilihat DI SINI.

7. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 02 April 2021, dan terakhir diedit tanggal 25 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya