Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

Profil

Pondok Pesantren Al-Anwar merupakan pondok murni yang dirintis oleh Syaikhina KH. Maimoen Zubair, bukan merupakan pondok peninggalan atau warisan. Sepulangnya beliau dari study di Makkah al-Mukarromah, banyak santri yang berdomisili di pesantren Sarang yang berkeinginan untuk belajar kepadanya. Maka, pada tahun 1967 dibangunlah sebuah musholla sederhana yang terletak di muka ndalem beliau sebagai tempat untuk para santri yang mengaji. Di sinilah awal mula dan cikal bakal PP. Al Anwar.

Melihat besarnya animo dari para santri yang berkeinginan nyantri dan khidmat kepada beliau, maka dengan bangunan seadanya musholla tersebut dijadikan sebagai pondok. Bangunan sederhana tersebut mereka gunakan untuk menginap sekaligus untuk tempat mengaji dan khidmah kepada syaikhina KH. Maimoen Zubair. Oleh mereka sendiri pondok yang diasuh putra KH. Zubair ini diberi nama POHAMA yang merupakan singkatan dari Pondok Haji Maimoen. Kemudian selang beberapa tahun untuk mengenang Abah beliau KH. Zubair Dahlan yang sebelum menunaikan ibadah haji bernama KH. Anwar maka nama POHAMA dirubah menjadi Pondok Al-Anwar.

Seiring dengan berjalannya waktu, santri Pondok Pesantren Al-Anwar mencapai jumlah yang begitu pesat, sehingga menuntut adanya pembangunan di bidang fisik. Maka pada tahun 1972 M/ 1392 H, musholla direnovasi dengan menambah bangunan diatasnya yang kemudian disebut dengan Khos Darus Salam (DS). Disamping rumah beliau sebelah selatan juga dibangun sebuah kantor pondok. Seiring dengan bertambahnya santri, maka pembangunan dalam bentuk fisik terus dilakukan. Maka pada tahun 1973 M / 1393 H dibangun Khos Darun Na’im (DN), dua tahun selanjutnya tepatnya pada tahun 1975 M / 1395 H dibangun Khos Nurul Huda (NH), pada tahun 1980 M / 1401 H dibangunlah Khos Al-Firdaus (AF). Dari tahun ketahun pembangunan fisik tersebut terus berlangsung, tepat pada tahun 2004 M /1425 H PP Al-Anwar mendirikan sebuah Sebuah Gedung Serba Guna (GSG) yang mempunyai lantai lima dan diresmikan langsung oleh wakil Presiden DR. H. Hamzah Haz.

Pada tahun 1995 M / 1416 H, KH. Muhammad Najih Maimoen Zubair merintis pembangunan Khos Darus Sholikhin (DH). Pada tahun selanjutnya, 1996 M, beliau juga membangun sebuah Khos khusus untuk putri yang berkeinginan untuk menghafal al-Qur’an dan diasuh langsung oleh istri tercinta beliau Nyai Hj. Mutammimah Najih Maimoen. Dan pada tahun 2005 M dibangun Ruwaq Darut Tauhid PP. Al-Anwar, yang akan digunakan sebagai tempat pertemuan para alumni Sayyid Muhammad Alawy Al-Maliki, Makkah Al-Mukarromah. dan saat ini diasuh langsung oleh KH. Muhammad Najih Maimoen.

Selain mendirikan PP. Al-Anwar Putra, Saykhuna Maimoen Zubair juga mendirikan PP. Al-Anwar Putri dengan dibantu oleh almarhumah istri beliau, Nyai Hj. Masthi’ah. Karena melihat lingkungan sekitar yang masih banyak belum bisa ruti menjalankan sholat 5 waktu serta kemampuan membaca al-Qur’annya yang masih kurang, maka pada tahun 1977, beliau membangun musholla dibelakang rumah yang pada saat itu menggunakan dinding yang terbuat dari gedek (anyaman bambu). Dari sinilah kegiatan keagamaan berjalan dengan baik, dan banyak juga anak yang akhirnya menetap di musholla. Inilah awal dari perjalanan PP. Al-Anwar putri.

Seiring berkembangnya waktu, PP. Al-Anwar Putri mengalami perkembangan yang sangat signifikan sepertihalnya santri putra. Tercatat pada tahun 2009 jumlah santri mencapai 2000 santri yang berasal dari berbagai penjuru daerah yang ada di Indonesia dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, mulai dari SD, MI, SLTP, SLTA, bahkan juga Sarjana.

Pengasuh
KH. Maimun Zubair
KH. Muhammad Najih MZ

Pendidikan

Program Pendidikan
 
   Ada sepuluh jenjang pendidikan yang dapat ditempuh oleh para santri di Pondok Pesantren al-Anwar Sarang, yaitu
  1.  I'dadiyyah (Persiapan)
  2. Tsanawiyyah
  •  Marhalah I Muhadhoroh : Kelas I Tsanawiyyah
  • Marhalah II Muhadhoroh : Kelas II Tsanawiyyah
  •  Marhalah III Muhadhoroh : Kelas III Tsanawiyyah
      3.  Aliyah
  • Marhalah IV Muhadhoroh : Kelas I Aliyah
  • Marhalah V Muhadhoroh : Kelas II Aliyah
  •  Marhalah VI Muhadhoroh : Kelas III Aliyah

       4.  Progam Pasca Madrasah. Tingkat I'dadiyyah (Persiapan)
 

Pendidikan Nonformal
1. Tahfid Qur'an 
2. Madin

Fasilitas
1. Gedung pesantren
2. Kantor
3. Perpustakaan
4. Laboratorium Komputer
5. Sumber Air
6. Sumur
7. Kantin
8. Koperasi
9. 2 Ruang Tamu 
10 Poskestren
11. MCK
12. Aula
13. Lapangan serbaguna
14. Koperasi
15. Gudang
16. Kamar Santri
17. Kolam wudlu
 


Gedung pesantren di di Pesantren Al-Anwar Sarang


Gedung Pesantren di di Pesantren Al-Anwar Sarang

Ekstrakurikuler

  1. Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an
  2. Kajian kitab kuning
  3.  arawis atau hadrah
  4.  Pidato
  5. Kaligrafi
  6. Beladiri
  7. Pengembangan olahraga: basket, voli, sepakbola
  8. Marching band
  9. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
  10. Ketrampilan hidup/usaha: Pelatihan dakwah, kaligrafi, percetakan/sablon, grafis komputer, jurnalistik


Kajian kitab kuning di Pesantren Al-Anwar Sarang


Marching band di Pesantren Al-Anwar Sarang

Alamat
 Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang
Kode Pos: 59274
Telepon: (62) 0356-411321 

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi:  https://ppalanwar.com

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya