Pesantren Al-Istiqomah Petanahan Kebumen

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al-Istiqomah Petanahan Kebumen

Profil

Pondok Pesantren Al-Istiqomah yang terletak di desa Tanjungsari, Petanahan, Kebumen Jawa Tengah, saat ini diasuh oleh KH. Amien Rosyid, dan telah banyak mengalami perkembangan. Baik di bidang sarana fisik maupun sistem belajar-mengajarnya. Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudhotul Atfal Terpadu (RAT).

Beberapa diantaranya mengambil kuliah di Universitas di Kebumen Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, dan selebihnya adalah santri Takhasus (Madrasah Diniyah). Dalam perkembangannya, Pesantren yang mendapatkan Nomer Statistik Pondok Pesantren (NSPP); 512330504003, dari Departemen Agama Kabupaten Kebumen ini pola dan sistem pendidikan yang digunakannya menitikberatkan pada kegiatan di Madrasah Diniyah serta kepesantrenan salafiyah (nonformal) dan Madrasah Aliyah (formal).

Sejarah
Pondok Pesantren Al Istiqomah, terletak di Desa Tanjungsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah. Adalah KH. Abdullah Mukti merupakan awal mula perintis berdirinya Pondok Pesantren Al Istiqomah, setelah lama bermukim dan belajar ilmu agama di Makkah tahun 1912-1936 M dan berguru pada Syeh Abdurrohman di Makkah.

Kegiatan pesantren mulai nampak kembali pada tahun 1975, disaat KH. Amin Rosyid Putra sulung dari KH .Bajuri pulang dari menimba ilmu dan mukim di tanah kelahirannya yakni desa Tanjungsari, mulailah ia merintis kembali apa yang pernah dilakukan oleh kakeknya KH. Abdullah Mukti, yaitu dengan merintis majlis ta’lim mingguan disamping juga mengajar anak-anak santri masjid Al Istiqomah.

Pada tahun 1982 KH. Amin Roysid mulai mendirikan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Istiqomah, dengan sistem belajar cepat bisa membaca dan menulis Al Qur’an, pada periode tahun inilah mulai dibangun asrama untuk para santri yang kemudian diganti dari Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) menjadi Pondok Pesantren Al Istiqomah. Dalam perkembangannya Pondok Pesantren Al Istiqomah juga mendirikan Madrasah Diniyah yang terdiri dari tiga tingkat yaitu tingkat awwaliyah, tingkat wustha, dan tingkat ‘ulya.

Pada pertengahan tahun 1990-an, Pondok Pesantren  Al Istiqomah mulai menata struktur pendidikannya, yakni dengan melegalisasikan kegiatan pesantren baik di bidang pendidikan, keagamaan, sosial, kemasyarakatan, dan dunia usaha yang berbadan hukum yamg masuk dalam sebuah institusi Yayasan. Yayasan yang disponsori atau didirikan oleh pengasuh pondok bernama Yayasan Pendidikan Al Istiqomah Karya Guna (YAPIKA). Yayasan “YAPIKA”  ini menaungi kegiatan Pendidikan formal yakni Madrasah Aliyah YAPIKA yang berdiri sejak tahun 1999, pendidikan non formal Madrasah Diniyah yang berdiri tahun 1982.

Pondok Pesantren Al Istiqomah yang terletak di desa Tanjungsari Petanahan Kebumen Jawa Tengah, saat ini diasuh oleh K.H. Amien Rosyid, dan telah banyak mengalami perkembangan. Baik di bidang sarana fisik maupun sistem belajar-mengajarnya. Sampai saat ini, jumlah santrinya kurang lebih 250 orang, putra-putri, 60% santri adalah pelajar Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Beberapa diantaranya mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Nahdlatul Ulama (STAINU) Kebumen, dan selebihnya adalah santri Takhasus (Madrasah Diniyah). Dalam perkembangannya, Pesantren yang mendapatkan Nomer Statistik Pondok Pesantren (NSPP); 512330504003, dari Departemen Agama Kabupaten Kebumen ini pola dan sistem pendidikan yang digunakannya menitikberatkan pada kegiatan di Madrasah Diniyah serta kepesantrenansalafiyah (nonformal) dan Madrasah Aliyah (formal).
Pendiri
KH. Abdullah Mukti

Pengasuh
1. KH. Abdullah Mukti
2. KH .Bajuri
3. KH. Amin Rosyid

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. RAT YAPIKA
2. MI NU YAPIKA
3. MTs YAPIKA
4. MA YAPIKA
5. TPA
6. Madrasah Diniyah   

Ekstrakurikuler

Pesantren Al-Istiqomah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, di antaranya:
1. Khitobah (latihan pidato),
2. Hadrah
3. Barzanji
4. Kursus Bahasa Arab dan Inggris
5. Seni Kaligrafi
6. Seni Baca Al-Qur’an
7. Kursus komputer
8. Perbengkelan
9. Menjahit
10. Silat Pagar Nusa
11. Sepakbola


Hadrah di pesantren Al-Istiqomah


Menjahit di pesantren Al-Istiqomah

Fasilitas

Pesantren Al-Istiqomah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Santri putra mempunyai gedung berbentuk letter "L" di depan dan samping masjid, dengan 2 lantai, dan satu gedung di depan masjid dengan 3 lantai.
2.  asrama putri satu lokal dengan dilengkapi dengan kamar mandi serta WC putra dan putri.
3. Masjid
4. Perpustakaan
5. Koperasi Santri
6. Aula
7. Gedung Madrsah Aliyah dan Diniyah
8. Laboratorium Komputer
9. Sarana Olahraga
10. Gedung BLKK


Gedung Pesantren di pesantren Al-Istiqomah


Gedung BLKK di pesantren Al-Istiqomah


Alamat

Jl. Raya Pasar Gamblok, Rt 04/Rw02, Desa Tanjungsari, Kec. Petanahan, 54382, Kab. Kebumen - Jateng
Telepon: 0287-5535810, 0818-0265-8344, 0813-2847-7506, 0888-6562-207, 0888-6980-659
Email : alistiqomah342@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pondok Pesantren Al Istiqomah

 
 

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.