Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Salahkah Jika Terlalu Mencintai Seseorang ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Salahkah Jika Terlalu Mencintai Seseorang ?

Assalamu'alaikum wr wb.
Mohon izin untuk bertanya ya mba. Saya saat ini menjalin hubungan dengan seorang perempuan. Saya sangat mencintai dan menyayanginya. Saya juga takut kehilangan dia. Salahkah jika terlalu mencintai seseorang itu ? Mohon jawabannya ya mba. Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Hisyam – Bandung


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam Hisyam.
Waaaah yang sedang jatuh cinta, hatinya berbunga-bunga yaaa… Jatuh cinta, menyayangi, bahkan rasa takut kehilangan adalah perasaan yang wajar. Namun, apabila perasaan cinta dan sayang yang kita miliki itu melebihi batas wajar bisa membuat kita tersiksa karena kita tidak mampu mengendalikan perasaan  cinta tersebut. Perasaan cinta yang berlebihan itu ditandai dengan adanya sikap-sikap antara lain over protektif atau terlalu mengekang, cemburu buta, bergantung pada pasangan, mengutamakan pasangan, mengacuhkan keluarga, mengabaikan teman-teman, mengekang pasangan, bahkan bisa menghambat pencapaian cita-cita dan kehilangan fokus pada Tuhan. Hayoooo… kalau sikapmu terhadap pasangan sudah memperlihatkan tanda-tanda di atas, berarti perasaan cintamu sudah melebihi batas wajar. Simak yuk cara-cara untuk mengatasi perasaan dan sikap terlalu cinta tersebut.


1. Berharap hal yang wajar
Harapan yang terlalu tinggi dapat membuatmu kecewa apabila gagal, namun tanpa berharap maka kamu juga enggan untuk memperjuangkan hubunganmu. Selalu ingat, cewek bahagia apabila cowoknya berjuang untuk kebahagiaannya. Berjuanglah untuk hal-hal yang sesuai kebutuhannya dan tentunya masa depan hubungan kalian.


2. Berpikir positif
Pernah nggak saat jauh dari dia, kamu mikir yang negatif tentang dia dan orang-orang di sekitarnya? Hal ini bisa membuatmu bersikap  over protect, kalau pernah, ubahlah cara pandangmu karena itu bisa menyiksamu dan membuatmu tidak nyaman.  


3. Perbaiki Diri
Memperbaiki kualitas dirimu akan membuat kamu menjadi lebih berharga dan si dia menjadi semakin menyayangimu. Pasanganmu pun akan melakukan hal yang sama untuk memperjuangkan hubungan kalian.


4. Atur Waktu
Atur dan bagilah waktumu agar tidak ada yang terabaikan karena hubungan kalian. Misalnya waktu untuk bekerja, pasangan, keluarga, dan juga teman-teman.


5. Alihkan perhatian
Terlalu mencintai membuat seseorang tidak bisa berhenti untuk memikirkan orang yang dicintainya. Perhatian yang berlebih bisa membuat pasangan jengah dan lelah apabila sering dicurigai. Alihkan perhatianmu pada hal-hal yang berkaitan dengan hobimu dengan tetap menjaga komunikasi dengan pasanganmu.


Apabila usia kalian sudah cukup matang dan telah berpenghasilan, maka ada baiknya memikirkan tentang pernikahan. Setelah menikah maka waktunya bisa digunakan untuk memikirkan hal-hal yang bertujuan untuk masa depan. Salam.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun