Ini Tiga Amalan Malam Jumat yang Disunnahkan

 
Ini Tiga Amalan Malam Jumat yang Disunnahkan
Sumber Gambar: Foto Ist

Laduni.ID, Jakarta - Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi kaum Muslim. Hari Jumat juga disebut sebagai raja-nya hari, atau hari raya-nya setiap pekan. Oleh karena itu, terdapat amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Sallallahu ‘alaihi wasallam. Jika amalan-amalan itu ditunaikan, maka nilai pahalnya sangat besar.

Dalam sebuah Hadis riwayat Abu Hurairah disebutkan bahwa Hari Jumat juga menjadi hari bersejarah dan menjadi hari terjadinya kiamat. “Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”. (H.R Abu Hurairah)

Baca juga: Bolehkah Shalat Jumat di Masjid yang Dibangun di Luar Batas Desanya?

Setidaknya terdapat tiga amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk dibaca pada malam Jumat. Apa saja itu?

1. Membaca Surat Al Kahfi

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda sebagai berikut.

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

2. Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad Sallahu ‘alaihi wasallam

Ketika Jumat datang, umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak membaca salawat.

Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jumat, karena salawat akan disampaikan kepadaku.” (Aus Bin Aus ra)

Baca juga: Hukum Adzan Yang Pertama Di Dalam Sholat Jumat

3. Memperbanyak Berdoa

Umat Muslim disunahkan untuk memperbanyak berdoa, tentu di hari lain pun dianjurkan untuk berdoa. Hanya, di hari jumat Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan keutamaannya.

Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Abu Hurairah dan Muttafaqun Alaih).

Selain daripada tiga amalan ini, tentunya masih banyak amalan-amalan lain yang bisa dilakukan pada Hari Jumat, khususnya di malam Jumat.

Nah, para Pembaca Laduni yang budiman, mumpung sekarang lagi malam Jumat, mari kita laksanakan amalan-amalan ini dan amalan-amalan ibadah lain, dengan berniat ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga doa-doa kita dikabulkan. Amin ya Rabbal ‘Alamin.

Editor: M. Mihrob