4 Teknologi Pengubah Dunia dalam Waktu Singkat

 
4 Teknologi Pengubah Dunia dalam Waktu Singkat

Pada saat ini, perkembangan teknologi dikembangkan dengan waktu yang semakin singkat. Dengan 2,5 quintillion bytes data yang dibuat setiap harinya yang mana 90 persen di antaranya dibuat dalam waktu cukup dua tahun saja, sebuah periode yang sangat singkat.

Perkembangan teknologi ini berdampak besar bagi perkembangan bisnis global, kebebasan personal, serta cara mengatur kehidupan sosial, dilihat dari sisi positif dan negatifnya.

Dari ZDNet, berikut empat teknologi yang dianggap mengubah dunia dalam waktu singkat:

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Masalah terbesar dari kecerdasan buatan adalah teknologi ini tidak terlalu pintar bahkan belum sempurna untuk digunakan pada beberapa kasus khusus.

Beberapa kekurangannya adalah sangat buruk dengan ambiguitas, area abu-abu, dan mengerti konteks dari data beberapa perusahaan serta data cleansing. Dari kacamata bisnis, teknologi ini sudah masuk ranah automasi, analisa preskriptif, hingga mendorong efisiensi yang sangat besar.

Cybersecurity
Keamanan siber saat ini sering dibicarakan apalagi mengenai kebocoran data. Salah satu masalah dalam industri ini adalah terlalu fokus pada inovasi di masa lampau, saat keamanan terlalu sering menjadi bahan pemikiran.

Beberapa produk mendesain dengan tingkat keamanan tinggi, namun serangan siber justru sering kepada produk yang ketinggalan zaman. Itulah mengapa masalah menjadi lebih karena teknologi masih memiliki banyak hutang keamanan siber yang harus dibayar.

Internet of Things (IoT)
Merupakan teknologi yang menghilangkan semuanya. Mulai dari kepemilikan pribadi, bisa mematikan lampu, hingga kamera keamanan di seluruh kota. Teknologi ini membawa kemampuan baru kepada obyek yang berbeda.

Saat ini telah ada lebih dari 15 miliar perangkat IoT di dunia, dan akan bertambah menjadi 30 miliar lebih pada 2020, serta 75 miliar di 2025. Investasinya pun tak main-main, yaitu mencapai US$1,3 triliun atau Rp18.700 triliun hingga dua tahun mendatang. Jumlah ini lima kali lebih banyak dibandingkan kombinasi AI dan Big Data.

Digital Transformation
Banyak perusahaan telah membicarakan deretan bisnis IT yang lebih baik dalam beberapa dekade. Digital transformation telah menjadi katalis. Pembuat teknologi memimpin dengan hasil proyek teknologi yang bisa dimengerti semua pihak.