Sales Wonderful Indonesia di Singapura, Siap Raih Devisi Rp 180 Milyar

 
Sales Wonderful Indonesia di Singapura, Siap Raih Devisi Rp 180 Milyar

Laduni.id, Kementerian Pariwisata mengadakan acara "Sales Mission Wonderful Indonesia" di Hotel Novotel Singapura, diperkirakan akan menghasilkan devisa Rp 180 Milyar.

Deputi Pengembangan Pemasaran Zona 1 Kemenpar I Gde Pitana mengatakan jumlah warga Singapura yang ingin berkunjung ke Indonesia mencapai 19.196 orang atau melebihi target yakni 7.036 orang. "Ini menandakan destinasi yang ditawarkan sangat diminati pasar Singapura," kata Pitana di Singapura (10/8/2018).


Apalagi, wisatawan mancanegara itu tak lagi sekadar memburu Bali sebagai tempat wisata, namun ada pula Pontianak, Batam-Bintan, Malang-Surabaya dan Makassar. Selain itu, ada pula Danau Toba, Borobudur, Bromo, Belitung dan Bogor sebagai lima wilayah yang paling banyak diminati.

"Tajuknya memang Sales Mission 10 Destinasi Branding tahap dua. Fokus penjualannya menyebar dari Aceh, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, hingga Sumatera Barat. Ternyata hasilnya luar biasa," kata Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Iyung Masruroh.

Terkait dengan pencapaian target, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Singapura, Sulaiman Shehdek menuturkan pasar Indonesia punya keunggulan kompetitif dan komparatif untuk menarik pasar Singapura. Di antaranya adalah jaraknya dekat dan keanekaragaman budaya serta alam.

"Singaporean atau ekspatriat itu rata-rata orang sibuk. Waktu luangnya sangat terbatas. Yang paling cepat, mudah dijangkau, juga murah, ya Indonesia," paparnya

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan jutaan orang selalu rajin transit di Bandara Changi, Singapura setiap tahunnya. Dia mengatakan dengan berlimpahnya pengunjung ke Singapura itulah, yang ingin dimanfaatkan untuk wisawata di Indonesia. 

"Ini namanya menjaring ikan di kolam yang sudah banyak ikannya. Sekali ciduk sudah banyak ikan ikan yang terangkut. Singaporean dapat. Ekspatriat dan penumpang yang transit juga bisa kita dapat," katanya

Foto: Sportourism