Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Cara Agar Bisa Diterima Di Keluarga Calon Pasangan

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Cara Agar Bisa Diterima Di Keluarga Calon Pasangan

Assalamu’alaikum mbak Nur.
Saya Sari, umur saya 22 tahun. Ada yang mau saya tanyakan nih mbak. Bagaimana cara agar bisa diterima di keluarga pacar ? Saya memang baru beberapa bulan menjalin hubungan dan kami berkeinginan untuk serius. Pacar saya berniat memperkenalkan saya dengan keluarganya. Saya deg-degan nih mbak. Kira-kira apa yang harus saya persiapkan ya mbak ?
Terima kasih sebelumnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Sari di Bandung

Tanggapan :
Momen pertama kali bertemu dengan keluarga calon pasangan adalah salah satu momen yang paling mendebarkan. Hampir semua orang baik laki-laki maupun perempuan juga mengalaminya. Yuk mbak Nur bagi tips agar orang tua dan keluarga calon pasangan juga  bisa jatuh hati denganmu.

1. Cari tahu karakteristik dan kebiasaan di keluarga calon pasangan
Kamu bisa menanyakan kepada pacarmu mengenai sejarah, karakteristik dan kebiasaan keluarga calon pasanganmu tersebut. Hal ini cukup penting karena adat dan kebiasaan di setiap keluarga itu berbeda-beda. Harapannya kamu tidak terlalu kikuk jika berada dalam keluarga calon pasanganmu.

2. Jadilah dirimu sendiri
Membaca buku atau mencari sumber di internet mengenai cara menaklukkan hati calon mertua, bisa saja dilakukan namun jangan sampai membuatmu menjadi gugup dan seperti orang lain. Bersikaplah dengan wajar, sopan tanpa menyembunyikan jati dirimu.

3. Merias diri dengan wajar
Gunakan riasan wajah  dengan sewajarnya, jangan sampai seperti orang mau ke kondangan ya. Riasan wajah yang terlalu menor akan memberikan penilaian negatif dari keluarga calon pasangan. Mereka akan berpikir, kamu lebih mementingkan untuk mengurus diri sendiri daripada keluarga atau pun rumah. Sebaliknya juga, wajah yang terlalu polos tanpa riasan akan membuat mereka berpikir kamu tidak bisa mengurus atau merawat diri.

4. Sopan dalam berpakaian
Gunakan hanya pakaian yang sopan dan membuatmu nyaman. Pakaian yang bagus belum tentu nyaman dipakai. Pakaian yang sopan dan nyaman akan membuatmu lebih percaya diri dalam bergerak dan bersikap.

5. Tunjukkan antusiasmu saat bertemu
Tunjukkanlah bahwa kamu senang bertemu mereka melalui senyum yang tulus dan gestur tubuh yang akrab.

6. Dekati yang lebih terbuka
Pasanganmu punya adik yang masih kecil ? Biasanya anak kecil lebih cepat akrab dengan orang baru. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat dirimu lebih nyaman dan diterima oleh keluarga calon pasangan.

7. Mengikuti arah pembicaraan
Satu hal yang jangan kamu lakukan adalah, mendominasi pembicaraan. Biarkan mereka berbicara, ikuti saja pembicaraan mereka.

8. Sopan
Satu sikap yang harus dilakukan saat bertemu keluarga calon pasangan adalah sopan, baik dalam bersikap dan bertutur kata. Percaya deh, kamu akan nabung satu point plus saat kamu bersikap sopan.

Semangat ya, memang ini salah satu tahapan yang harus kamu lalui untuk menjadi keluarga besar calon pasanganmu. Jangan lupa berdoa ya. Semoga berhasil.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun