Besarnya Fadhilah Puasa Arafah, Benarkah?

 
Besarnya Fadhilah Puasa Arafah, Benarkah?

LADUNI. ID I HIKMAH- Saat ini merupakan bulan Zulhijjah dan salah satu bulan yang mempunyai banyak kelebihan, diantaranya puasa sunat Arafah yang dilaksanakan pada 9 Zulhijjah.

Para ulama menyebutkan bahwa puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim dan sebuah kesempatan yang sangat berharga. Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Puasa ini sangat banyak fadhilahnya. Diantaranya telah disebutkan dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura(10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Dalam hadist yang lainnya juga disebutkan : "Tiada dari hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai daripada hari Arafah" (HR Baihaqi). Pada hari Arafah juga dimaqbulkan doanya sesuai dengan bunyi hadist:"Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah" (HR At Tirmidzi).

Fadhilah lainnya Insya Allah dengan taubat sungguh-sungguh dan Puasa Arafah, Allah bebaskan dari api neraka. "Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah" (HR Muslim).

Selanjutnya hadist yang lain juga disebutkan: "Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama 70 tahun" (HR Bukhari Muslim).

Kita telah mengetahui bahwa orang yang berhaji tidak dianjurkan melaksanakan puasa Arafah. Ini juga berdasarkan dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berpuasa ketika di Arafah. Ketika itu beliau disuguhkan minuman susu, beliau pun meminumnya.” (HR. Tirmidzi no. 750)

Menyokong hadist diatas,  dalam hadist yang lain juga telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar bahwa beliau ditanya mengenai puasa hari Arafah di Arafah. Beliau mengatakan, “Aku pernah berhaji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau tidak menunaikan puasa pada hari Arafah. Aku pun pernah berhaji bersama Abu Bakr, beliau pun tidak berpuasa ketika itu. Begitu pula dengan ‘Utsman, beliau tidak berpuasa ketika itu. Aku pun tidak mengerjakan puasa Arafah ketika itu. Aku pun tidak memerintahkan orang lain untuk melakukannya. Aku pun tidak melarang jika ada yang melakukannya.” (HR. Tirmidzi no. 751).

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Ponpes MUDI Masjid Raya Samalanga-Aceh