Biografi Imam Al-Haramain

 
Biografi Imam Al-Haramain
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto istimewa)

Daftar Isi Profil Imam Al-Haramain

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Guru-Guru
  5. Murid-Murid
  6. Karya-Karya
  7. Chart Silsilah Sanad
  8. Referensi

1. Kelahiran

Abdul Malik bin Abdulloh bin Yusuf bin Muhammad bin Hayyuyah Al-Juwaini As-Sanbasi, At-Tho’I An-Naisaburi Asy-Syafi’i atau yang kerap disapa dengan  Imam haramain lahir pada tanggal 18 muharrom tahun 419 H di Naisabur, salah satu kota bagian Khurosan, yang kini termasuk wilayah Negara Iran. Naisabur adalah satu kota yang saat itu menjadi salah satu pusat kebudayaan di Khurosan.

Beliau dibesarkan ditengah – tengah keluarga yang shaleh dan bertakwa. Ayah beliau, Abdulloh bin Yusuf Abu Muhammad Al-Juwaini  adalah seorang ulama’ yang terkenal dalam bidang ilmu tafsir, fiqih, bahasa arab dan sastra, dan mengajar ilmu fiqih disalah satu madrasah yang ada dikota Naisabur.

Sedangkan ibu beliau adalah seorang budak wanita yang shalehah yang dibeli oleh ayahnya dengan uang yang tak tercampur sedikitpun dengan harta syubhat, ayah Imam Haromain juga hanya memberikan nafkah dari harta yang murni halal kepada ibunya sampai ibunya mengandung beliau.

Ayah beliau memang memegang kuat prinsip untuk tidak memberikan makanan bagi keluarga dan anknya kecuali dengan harta yang halal, dengan keyakinan yang teguh bahwa harta yang tidak halal akan merusak agama dan dunia, dan member pengaruh buruk pada orang yang memakannya.

2. Wafat

Imam Haramain wafat di desa Busytaniqon, pada malam rabu setelah sholat isya’, tanggal 25 bulan Robi’ul Akhir tahun 478 H. dalam usia 59 tahun.

3. Pendidikan

Tempat pertama bagi beliau untuk belajar adalah rumahnya sendiri, dibawah bimbingan ayahnya beliau menghafalkan al-Qur’an dan juga belajar ilmu tafsir, hadits, fiqih, ushul dan sastra, beliau juga mempelajari semua kitab – kitab karya ayahnya dengan dibawah bimbingan ayahnya langsung.

Selain itu beliau juga belajar hadits kepada beberapa guru, seperti Syaikh Abu Manshur dan lainnya. Di masa mudanya beliau tak mau hanya mengikuti pendapat – pendapat ayah beliau dan teman – temannya sebelum masalah itu benar benar dikaji secara mendalam, beliau mengkaji setiap masalah secara sungguh – sungguh dengan memperhatikan pendapat – pendapat dalam madzhab Imam Syafi’I dan juga dari madzhab lainnya saat berdiskusi, hal tersebut yang membuat beliau sangat menonjol diantara teman – teman diskusinya, sehingga pada saat usia beliau belum menginjak umur 20 tahun beliau sudah dijadikan ketua dalam diskusi yang diadakan dimajlis ayahnya.

Namun itu semua tak membuat minat belajar beliau berkurang, pada pagi buta beliau sudah pergi ke masjid ustadz Abu Abdulloh Al-Khobazi, beliau membaca al-qur’an dan mempelajari beberapa ilmu pada gurunya tersebut, setelah selesai beliau kembali ke madrasah ayahnya dan mengajar disana, setelah selesai mengajar beliau pergi ke madrasah Al-Baihaqi, disana beliau belajar ilmu kalam (ilmu tauhid/ushuluddin) pada Al-Ustadz Abul Qosim Al-isfaroyini. Begitulah keseharian beliau, menuntut ilmu mulai dari kecil sampai dimasa tua, bahkan saat sudah menjadi guru di madrasah.

4. Guru-Guru

Imam Haromain mempelajari berbagai cabang ilmu dari beberapa guru dan para masyayikh yang hidup dimasa itu. Guru – guru utama beliau adalah sebagai berikut :

Ayah beliau sendiri, Syaikh Abu Muhammad, Abdulloh bin Yusuf Al-Juwaini, seorang ulama’ ahli dalam bidang ilmu fiqih, ushul dan tafsir. Diantara kitab – kitab karyanya yang terpenting adalah; Syarah kitab Ar-risalah karya Imam Syafi’I, Tafsir Al-Kabir, At-tabshiroh Wat-Tadzkiroh, Al-Furuq, as-Silsilah, Mauqiful Imam Wal Ma’mum dan Mukhtashorul Muhtashor. Syaikh Abdulloh al-Juwaini wafat pada tahun 438 H.

Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini Al-Iskaf, Abdul Jabbar bin Ali bin Muhammad bin Haskan, ulama’ ahli ilmu fiqih, ushul dan ilmu kalam, beliau belajar pada Syaikh Abu Ishaq Al-isfaroyini dan Syaikh Abdulloh bin Yusuf Al-Ashfihani, beliau wafat pada tahun 452 H. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini merupakan guru utama Imam Haromain dalam ilmu kalam,

Syaikh Abu Abdulloh Al-Khobbazi, Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Hasan, seorang ulama’ utama yang ahli dalam ilmu qiro’ah (bacaan) al-qur’an di kota Naisabur, beliau dilahirkan pada tahun 372 H. dan wafat pada tahun 449 H. Imam Haromain belajar al-qur’an pada beliau diwaktu pagi hari sebelum mengajar.

Al-Imam Az-Zahid Asy-Syaikh Fadhlulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Maihani, beliau wafat pada tahun 440 H.

Al-Qodhi Asy-Syaikh Abu Ali, Husain bin Muhammad bin Ahmad Al-Marudzi, ulama’ yang menjadi guru utama dalam fiqih madzhab Imam Syafi’i. Dalam kitab – kitab fiqih madzhab syafi’I nama beliau bisa disebut dengan “Qodhi Husain”, beliau mendapat julukan “Habrul Ummat” (Ahli/pakarnya umat islam), diantara kitab karya beliau adalah ‘At-Ta’liqoh Al-Kubro’ dan ‘Al-Fatawi’. Beliau wafat pada tahun 462 H.

Al-hafidh Abu Na’im Al-Ashfihani, Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Ishaq, penulis kitab yang terkenal; “Hilyatul Ulama’. Salah seorang pembesar ulama’ – ulama’ ahli hadits, beliau wafat pada tahun 430 H.

Abul Qosim Al-Furoni Al-Maruzi Asy-Syafi’i, Abdurrohman bin Muhammad bin Ahmad bin Furon, ulama’ ahli ilmu fiqih madzhab syafi’I yang menjadi pemimpin ulama’ – ulama’ ahli fiqih didaerah Marwa, beliau banyak menulis kitab tentang ushul, fiqih dan khilaf ulama’, diantara karya beliau adalah kitab “Al-ibanah”, beliau wafat pada tahun 463 H.

Imam Baihaqi, Abu Bakar, Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi An-Naisaburi, salah seorang ulama’ pembesar ilmu hadits dan fiqih madzhab syafi’i. Setelah belajar pada beliau, Imam Haromain juga ikut mengajar dimadrasah Imam Baihaqi> Imam Haromain sangat mengagumi gurunya ini, sampai – sampai beliau mengatakan; “Semua orang yang mengikuti madzhab syafi’I memiliki hutang budi kepada Imam Syafi’I, kecuali Imam Baihaqi, sebaliknya Imam Syafi’I mempunyai hutang budi pada beliau karena kitab – kitab karya beliau yang ditulis untuk membela pendapat –pendapat Imam Syafi’I dan madzhabnya”. Diantara kitab karya beliau adalah “As-Sunan Al-Kubro”, “Ma’rifatus Sunan Wal Atsar” dan Al-Mabsuth”. Beliau wafat pada tahun 458 H.

  1. Al Mas'udi
  2. Abu Ali At-Thabari
  3. Al Qaffal Al Kabir Asy-Syasyi
  4. Qadli Al Marwazi
  5. Syaikh Abu Muhammad (Ayah)
  6. Abdulloh bin Yusuf Al-Juwaini
  7. Syaikh Abul Qosim Al-Isfaroyini Al-Iskaf
  8. Abdul Jabbar bin Ali bin Muhammad bin Haskan
  9. Syaikh Abu Abdulloh Al-Khobbazi
  10. Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Hasan
  11. Al-Imam Az-Zahid Asy-Syaikh Fadhlulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Maihani
  12. Al-Qodhi Asy-Syaikh Abu Ali
  13. Husain bin Muhammad bin Ahmad Al-Marudzi
  14. Al-hafidh Abu Na’im Al-Ashfihani
  15. Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Ishaq
  16. Abul Qosim Al-Furoni Al-Maruzi Asy-Syafi’i
  17. Abdurrohman bin Muhammad bin Ahmad bin Furon
  18. Imam Baihaqi
  19. Abu Bakar
  20. Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi An-Naisaburi

5. Murid-Murid

Imam Haramain banyak menelurkan ulama’ – ulama’ yang sangat terkenal di zamannya, Syaikh Ibnul Jauzi bercerita; “setiap hari tak kurang dari 300 orang yang menghadiri majlis beliau untuk belajar, dan banyak dari mereka yang menjadi ulama’ – ulama’ besar, bahkan sebagian dari mereka sudah mengajar disaat beliau masih hidup”.

Diantara murid – murid beliau yang terkenal adalah :

Imam Ghozali, Syaikh Abu Hamid, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad At-Thusi Al-Ghozali, penulis kitab – kitab terkenal seperti “Ihya’ ulumiddin”, “Al-Mankhul”, “Al-Mustashfa” dan lainnya, beliau wafat pada tahun 505 H.

Imam Ilkiya Al-Harrosi, Syaikh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali Ath-thobari, seorang ahli fiqih madzhab syafi’i, ushul dan hadits yang mendapat gelar “Imaduddin” (Tiang agama). Diantara kitab karya utama beliau adalah ‘Syifa’ul Mustarsyidin” dan “Ahkamul Qur’an”. Beliau wafat pada tahun 504 H.

Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Al-Mudhoffar An-Naisaburi, ulama’ ahli fiqih madzhab syafi’i yang menjadi salah satu murid andalan Imam Haromain, beliau wafat pada tahun 500 H.

Al-Ustadz Abu Nashr, Abdurrohim bin Abdul Karim bin Hawazin, putra dari Imam Abul Qosim Al-Qusyairi, penggemar kitab tafsir, fiqih dan ilmu kalam, diantara kitab karya beliau adalah “Al-Maqomat” dan “Al-Adab”, beliau wafat pada tahun 154 H.

  1. Imam Ghazali
  2. Syaikh Abu Hamid
  3. Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad At-Thusi Al-Ghozali
  4. Imam Ilkiya Al-Harrosi
  5. Syaikh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Ali Ath-thobari
  6. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Al-Mudhoffar An-Naisaburi
  7. Al-Ustadz Abu Nashr
  8. Abdurrohim bin Abdul Karim bin Hawazin

6. Karya-Karya

Beliau meninggalkan banyak kitab karangan yang sangat bermanfaat dan terkenal. Berikut ini diantara karya – karya beliau;

  1. Nihayatul Mathlab Fi Diroyatil Madzhab
  2. Ghiyatsul umam Fit-Tiyatsidh Dhulam
  3. Al-Aqidah An-Nidhomiyah
  4. Asy-Syamil Fi Ushuliddin
  5. Mughitsul Kholqi Fi atba’il Haqqi
  6. Madarikul Uqul
  7. Al-Burhan Fi Ushulil Fiqhi
  8. Al-Irsyad Fi ushulil Fiqhi
  9. At-Talkhish Fi Ushulil fiqhi
  10. Al Waraqat Fi Ushulil Fiqih

7. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Imam Al-Haramain dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

8. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 09 Desember 2020, dan terakhir diedit tanggal 29 Agustus 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya