Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana CaraTerhindar dari Pergaulan Bebas?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana CaraTerhindar dari Pergaulan Bebas?

Assalam’alaikum mbak Nur
Mbak Nur, saya Hexa umur 17 tahun dan baru duduk kelas 2 SMA. Mau  tanya bagaimanakah sebaiknya agar remaja yang sedang mencari jati diri tidak terperangkap dalam pergaulan bebas ?
Terima kasih atas penjelasannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
 Hexa di Jakarta


Tanggapan :
Waalaikumsalam wr wb.
Hexa yang baik, luar biasa sekali pertanyaanmu ini. Mbak Nur bersyukur masih ada remaja yang memperhatikan perkembangan dirinya. Hexa nantinya juga bisa berbagi dengan teman-temannya terkait pencarian jati diri ini ya, hal ini sangat penting karena pergaulan bebas ini seperti seks bebas, narkoba,  tawuran dapat memberikan dampak yang negatif pada remaja bahkan bisa menghancurkan masa depannya. Sebenarnya apa sih jati diri itu ? Jati diri adalah bagaimana seseorang melihat dirinya. Cara mendapatkan jati diri yang baik bisa dilakukan dengan hal-hal berikut :

1. Fokus Belajar
Pengetahuan adalah instrument penting dalam kehidupan dan sudah menjadi tugas dan kewajiban remaja untuk menuntut ilmu. Tidak hanya ilmu pengetahuan, imbangi juga dengan ilmu agama ya. Orang yang menuntut ilmu memperoleh kehormatan di sisi Allah dan Rasulnya. Seperti yang tercantum dalam surat QS. Al Mujadalah ayat 11 yang artinya “ Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. Dengan kata lain, menuntut ilmu dapat meningkatkan kualitas berpikir seseorang dan menambah kemampuan untuk melakukan analisa terhadap beragam masalah dan peristiwa.

2. Bentengi Diri Dengan Iman
Seseorang  yang mengingat Allah Swt dalam seluruh urusan hidupnya, maka kepercayaan dirinya akan terus meningkat dan ia mendapatkan sebuah energi kuat yang akan selalu menjaga dan melindunginya dari hal-hal yang memiliki pengaruh negatif.

3. Tafakur
Tafakur intinya memikirkan secara mendalam tanda-tanda kekuasaan Allah. Tanda-tanda kekuasaan Allah di bumi, langit, dan di antara keduanya. Manfaatnya adalah hati kita menjadi tenang, sehingga tidak mencari pemuasan diri dengan hal-hal yang negatif seperti narkoba, minum-minuman keras, seks bebas dan lain-lain.  Ayat tentang perintah untuk tafakur dalam Al-Quran lebih dari 50 ayat. Salah satunya dapat kita baca dan sering kita dengar adalah Q.S Al-Imron ayat 190-191

4.   Amal
Sebaik-baik amal adalah mengamalkan dan melaksanakan tugas dan kewajiban agama kita dan mendorong orang lain untuk melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan yang tidak baik. Kamu dan teman-temanmu bisa melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi orang lain sebagai bagian dari pengamalan ilmu dan pengembangan dirimu.
Okey Hexa, semoga bermanfaat ya.

Wassalamu’alaikum wr wb.

 

 

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun

Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun