Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah Kendal

Profil
Pondok Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah merupakan salah satu pesantren salaf yang sudah berusia sekitar 32 tahun, yang telah didirikan oleh KH. Dimyati Rois pada tanggal 10 Muharam  1405 atau bertepatan dengan bulan Juli 1985, yang terletak di Kp. Djagalan, Kutoharjo, Kaliwungu. Setelah kurun waktu yang cukup lama, KH. Dimyati Rois menjalani proses panjang yaitu menjadi santri dan belajar bersama sang kyai di beberapa pondok pesantren diantaranya Pondok Pesantren Lirboyo dan APIK Kaliwungu dengan mempelajari bermacam-macam kitab-kitab kuning yang berisi pengetahuan agama.

Kemudian dengan kesungguhan dalam belajar dengan memaksimalkan fungsi kecerdasan yang Allah berikan kepada beliau, maka jadilah beliau sosok yang matang dalam memahami ilmu-ilmu agama. Sehingga akhirnya beliau diambil menantu oleh KH. Ibadullah Irfan, sesepuh dan tokoh masyarakat Kaliwungu sekaligus salah satu Pengasuh Pondok Pesantren APIK Kaliwungu periode 1968 – 1985. Dengan kemampuan, keikhlasan dan atas izin Allah SWT, beliau berhasil mendirikan PONPES ALFADLU yang berlokasi di kampung djagalan desa Kutoharjo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal.

KH. Dimyati Rois selaku pengasuh ponpes Alfadlu saat itu menunjuk Ust. Bisri Anshori [Alm] indramayu, didampingi Ust. Agus Salim Subang untuk menjadi lurah pondok atau tangan kanan pengasuh dalam mengurusi pesantren. Dalam kepengurusan pondok yang pertama inilah, beliau mencetuskan ponpes Alfadlu dan musyawarah bulanan yang disebut Bahtsul Masa’il. Memasuki tahun keenam dari kepemimpinan pertama, kemudian jabatan lurah pondok digantikan oleh KH. Syathori Rois yang biasa dipanggil pak Was. Karena tanggung jawab yang begitu berat, H. Syathori Rois berinisiatif membentuk organisasi di bawah naungan pondok yang bertugas membantu program pondok pada masing-masing komplek di pondok pesantren Alfadlu. Maka dimasa ini dibentuklah jam’iyyah yang di dalamnya terdapat semacam pendidikan yang mencetak pola pikir maju dan karakter juang dalam menggapai cita cita.
Pengasuh : KH Dimyati Rois

Pendidikan
1.Pendidikan formal meliputi :
SMP dan SMA
2.Pendidikannon formal :
Takhasus dan MP

EKstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16.Olahraga
17.Kaligrafi



Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gudang
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

Alamat
Kp. Djagalan, Kutoharjo, Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya