Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Banyak Kegiatan, Bagaimana Membagi Waktunya?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Banyak Kegiatan, Bagaimana Membagi Waktunya?

Assalamu’alaikum mbak Nur
Mbak Nur, perkenalkan nama saya Rizqi, 19 tahun. Saat ini saya kuliah semester 3. Sejak SMP saya bergabung dengan organisasi dan kegiatan yang diadakan sekolah. Saat ini pun saya masuk anggota  BEM kampus.

Banyak kegiatan sosial juga yang saya ikuti. Ada hal yang cukup mengganggu pikiran saya mengenai masalah pembagian waktu. Saya kurang bisa membagi waktu, sehingga saya khawatir membuat kuliah saya molor dan tidak tepat waktu lulusnya. Bagaimana cara mengatur waktu yang baik ya mba ? Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Rizqi di Surakarta


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Rizqi yang pintar, memang kita terkadang kurang bisa memanfaatkan waktu dengan baik sehingga waktu dalam sehari terasa kurang. Dalam (QS. Al-‘Asr ayat 1-3) Allah berfirman : “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Ayat tersebut menjelaskan, bahwa orang-orang yang rugi adalah orang yang tidak melakukan kebajikan dan tidak saling menasihati dalam kebenaran. Yuk simak tips-tips di bawah ini agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan efisen dan bermanfaat.
 

1. Tentukan Prioritas
Sebagai seorang pelajar, maka prioritas utamamu adalah pendidikan. Apabila jadwal kegiatan berbenturan dengan jadwal kuliahmu, maka pilihlah untuk mengikuti kuliah. Masih ada teman-temanmu di organisasi yang melaksanakan kegiatan, tetapi waktu untuk mengikuti kuliah tidak bisa kembali lagi.
 

2. Stop Menunda Tugas
Kegiatan membuatmu menunda pekerjaan ? Hal yang terjadi selanjutnya adalah tugasmu semakin menumpuk dan kamu akan kewalahan menyelesaikannya.
 

3. Tinggalkan Aktivitas yang Tidak Bermanfaat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda : “Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi)
Maksud hadits tersebut, bagi seorang muslim dianjurkan untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Misalnya : menonton TV secara berlebihan, berseluncur di dunia maya (FB, IG, Youtube, dll) seharian, tidur seharian, terlalu sering nongkrong dan lain-lain.
 

4. Buat Jadwal Kegiatan
Buat jadwal kegiatanmu sehari-hari dan beri catatan-catatan kecil. Kamu bisa mendownload aplikasi Evernote, Everyday Note, Epistle, atau Any.do. Menggunakan jadwal bisa membantumu tetap berada jalur yang seharusnya.
 

5. Fokus
Seringkali setelah membuat jadwal kita tidak mengikuti jadwal yang sudah kita buat sendiri. Hal yang harus kamu lakukan adalah fokus.
 

6. Berani Mengatakan Tidak
Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan membuang waktumu yang berharga dengan percuma.
 

7. Istirahatlah dengan Cukup
 Beristirahat 7-8 jam sehari sangat penting, karena jika kamu sering begadang, maka kamu akan sering bangun kesiangan juga, dan jadwal kegiatanmu bisa berantakan.
 

8. Rapikan Barang-Barang
Merapikan barang-barangmu bisa sangat membantumu. Jika kamu membutuhkan kamu tinggal mengambilnya. Bayangkan saja jika kita terbiasa meletakkan begitu saja kunci kendaraan kita, maka bisa saja kita menghabiskan waktu satu jam untuk mencari kunci yang terselip entah di mana.
 

9. Disiplin dan Konsisten
Kunci dari beberapa tips di atas adalah disiplin dan konsisten, tanpa itu semua maka jadwal yang kamu buat akan sia-sia.
Nah itu dia tips-tips untuk mengatasi kegiatanmu yang seabrek. Jangan takut untuk berorganisasi ya, karena ini akan membentuk pribadimu dan  jiwa kepemimpinanmu. Salam semangat !
Wassalamu’alaikum wr wb

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun

Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun