Setelah Dimodernisasi Total, Inilah Teknologi Militer Indonesia yang Teranyar

 
Setelah Dimodernisasi Total, Inilah Teknologi Militer Indonesia yang Teranyar

LADUNI.ID, Jakarta - Usianya memang belum terlalu tua jika dibandingkan ranpur lapis baja sekelas BTR-50, PT-76 dan AMX-13, namun BVP-2 yang terlahir di dekade 80-an juga dirasa perlu mendaptkan upgrade yang serius agar ranpur yang aslinya berlabel BMP-2 ini tetap dapat mumpuni dan siap meladeni peperangan modern. Seperti di negeri asalnya, IFV (Infantry Fighting Vehicle) ini telah terlahir kembali dalam wujud yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.

Di tangan Excalibur Army, manufaktur persenjataan dari Ceko, BVP-2 lawas mendapatkan sejumlah upgrade dan kemudian diberi label BVP-M2 SKCZ. Guna mempermudah pemasaran, prototype upgrade BVP-2 yang diperkenalkan pada Eurosatory 2018 ini diberi callsign Sakal IFV.

Upaya Excalibur Army untuk melakukan upgrade di IFV Sakal terbilang cukup masif. Boleh dibilang hanya komponen sasis dan konfigurasi susunan awak saja yang masih sama dengan BVP-2. Desain bodi didesain ulang, sejumlah kelemahan pada BVP-2 dieliminasi. Sisi ergonomi untuk kru dan awak pasukan ditingkatkan, menjadikan IFV seolah ranpur yang benar-benar baru.

Konfigurasi awak terdiri dari sopir yang berada di sisi kiri dengan single piece hatch cover yang terbuka ke arah kanan. Selain keberadaan tiga periskop, untuk memudahkan navigasi pengemudi juga dibekali night vision system. Sementara sistem kubah IFV Sakal sudah mengusung RCWS (Battlefield Management System). Masih seperti di generasi BVP-2, di dalam kubah ditempati penembak dan komandan.

Kubah IFV Sakal mengadopsi TURRA 30. Pada kubah ini dilengkapi senjata utama berupa kanon caliber 30 mm, senapan mesin coaxial caliber 7,62 mm, sistem rudal anti-tank Konkurs pada sisi kiri kubah, dan granat asap yang mampu melindungi ranpur di area seluas 120 derajat, dirancang untuk menghadapi sasaran di permukaan sampai sasaran di udara yang terbang rendah.

Sebagai senior dari IFV BMP-3F, IFV Sakal dapat membawa 6 pasukan infanteri. Modifikasi dilakukan pada pintu keluar masuk pasukan, bila sebelumnya mengadopsi model konvensional, kini diganti dengan model pintu rampa hidrolik, meski tersedia pintu yang dapat diakses secara manual. Sakal dilengkapi proteksi anti nubika dan balistik STANAG 4569 level 3. Sementara untuk proteksi dari efek ledakan ranjau merujuk pada standar STANAG 4569 level 2a. sakal dapat ditambahkan armor tambahan untuk menghadapi serangan rudal anti tank dan RPG.

Dengan beragam modifikasinya, IFV Sakal menjelma sebagai ranpur seberat 19 ton, bandingkan dengan bobot BVP-2 yang 14,3 ton. IFV Sakal punya panjang 7 meter, leber 3,2 meter dan tinggi 2,9 meter.

Bagaimana dengan BVP-2 Korps Marinir? Meski belum ada tersiar kabar rencana upgrade, namun dengan kondisi ranpur yang masih terawatt baik dan jumlah yang ada 40 unit, maka ada peluang untuk mengupgrade BVP-2 Korps Marinir, ditambah nama Excalibur Army juga taka sing sebagai pemasok alutsista MLRS RM70 Vampire. Mungkin yang menjadi pertanyaan, selain harga paket upgrade tentunya bagaimana dengan performa renang IFV Sakal? Apakah bisa lebih baik dari BVP-2 yang telah dioperasikan Korps Marinir sejak 1998? (Sumber: Berita Militer)