Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Itu Life Goals?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Itu Life Goals?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya Hanif, umur saya 17 tahun dan saat ini duduk di kelas 2 SMA. Mbak, saya sering mendengar pentingnya life goals untuk kita. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan life goals ? Bagaimana cara mewujudkan life goals tersebut ? 
Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Hanif di Magelang

Tanggapan :


Wassalamu’alaikum wr wb.
Halo Hanif, life goals itu adalah sasaran atau tujuan hidup yang dicapai setelah melalui beberapa tahapan. Tujuan dalam hal ini bisa berasal dari impian atau harapan. Nah, untuk mencapai life goals ini diperlukan perencanaan.

Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al Hasyr: 18).

Ayat Al – Qur’an di atas menerangkan bahwa sebaiknya kita memperhatikan masa depan, baik masa depan di dunia dan di akhirat. 
Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mewujudkan life goals :


1. Tujuan atau sasaran harus jelas dan realistik

Tentukan tujuan yang spesifik, jelas dan realistik. Tujuan yang terlalu besar sedangkan kemampuan tidak memadai, maka hanya akan merencanakan kegagalan. Tetapkan tujuan yang mungkin dicapai dan menantang.

Tulis  dan buat perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut. 
Misalnya life goals Hanif satu tahun ke depan adalah lulus SMA dengan nilai yang memuaskan dan dapat diterima di universitas terbaik dengan jurusan yang diinginkan.

Baca juga: Mengatasi Rasa Malu Mengungkapkan Pendapat

Tuliskan tujuan tersebut di tempat yang bisa kamu lihat setiap hari. Rencana yang harus Hanif lakukan adalah belajar minimal 2 jam setiap hari, jika diperlukan bisa mengikuti bimbel, berlatih soal satu minggu sekali, aktif saat mengikuti pelajaran dan lain-lain.

2. Ada ukuran pencapaian

Hanif harus menentukan ukuran atau target, usahakan berbentuk angka. Misalnya, tahun depan harus menjadi mahasiswa Universitas A dengan jurusan sesuai yang dicita-citakan sehingga nilai minimal yang harus dicapai adalah 9. Contoh yang  lain setelah menjadi mahasiswa adalah memiliki IPK minimal 3,5. 
 

3. Konsisten

Lakukan langkah-langkah kecil untuk mencapai life goals-mu secara konsisten. Mulai laksanakan rencana harian, mingguan, bulanan, tahunan sampai mencapai life goals¬-mu. Jangan lupa berdoa di setiap melakukan rencanamu.

Penelitian menunjukkan bahwa menetapkan tujuan membuatmu merasa lebih percaya diri dan penuh harapan. Seperti yang dikatakan oleh filsuf terkenal dari Cina Lao Tzu, “perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah”. Jadi, mulailah bertindak, karena yang membedakan antara pemimpi dan pemimpin adalah tindakan.
Yuk, wujudkan life goals-mu sekarang !
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun