Pesantren Al-Fathimiyah Karawang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Fathimiyah Karawang

Profil
Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fathimiyah adalah lembaga pendidikan yang mula-mula berdiri di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah, bersama-sama dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Fathimiyah. Secara garis besar metode pendidikan di Ponpes Al-Fathimiyah adalah penggabungan antara metode pendidikan modern dan tradisional.
 

Penggabungan dua metode ini didasarkan pada tuntutan zaman, bahwa, kita tidak dapat mengelak dari tantangan, perkembangan, dan kemajuan zaman dengan segala perniknya, tetapi juga kita sepatutnya tidak melepaskan nilai-nilai tradisional yang biasanya mengajarkan tentang nilai-nilai luhur budaya dan agama.
 
Di Ponpes Al-Fathimiyah, santriwan dan santriwati selain mendapatkan pendidikan formal dari lembaga-lembaga pendidikan di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fathimiyah, juga akan mendapatkan pendidikan yang bersumber dari literatur kitab-kitab klasik karangan ulama-ulama Islam yang telah mafhum dan masyhur kadar keilmuannya. Misalnya, mereka akan mempelajari Ilmu Tata Bahasa Arab (dengan kitab utama Jurumiyah), Ilmu Tauhid (Tijaanuddarori), Ilmu Akhlak (Akhlak Lilbanin), Fiqih (Safinah), Hadits (Hadits Arba’in).
 
Perpaduan antara yang klasik dengan yang modern itu disampaikan melalui serangkaian kegiatan (jadwal) sehari-hari santriwan dan santriwati Ponpes Al-Fathimiyah yang telah disusun secara matang oleh para pengasuh yang berkompeten di bidangnya. Aktivitas keseharian inilah yang menjadikan Ponpes Al-Fathimiyah memiliki ciri khas yang membedakan dengan Ponpes-ponpes lain.
 

Pendidikan
1. SMK Al-Fathimiyah
2. MTs. Al-Fathimiyah
3. RA Al-Fathimiyah
4. Diniyyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA)
5. Diniyyah Takmiliyah Wustho'

6. Pondok Pesantren (Ponpes) Putra dan Putri Al-Fathimiyah

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren

10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan


Ekstrakurikuler
Bahtsul Kutub, dakwah dan kepemimpinan, hafalah al-Quran, seni baca al-Quran, muhadhoroh, olahraga dan kesenian bela diri, voli, sepakbola, basket, tenis meja, pramuka, paskibra, polisi keamanan sekolah (PKS), PMR, teater/drama, puisi, vokal grup, drumband, marching band, tilawah, kaligrafi Arab dan angklung. Keterampilan bahasa Arab bahasa Inggris, pidato, komputer, mengetik, menjahit, potong rambut, peternakan dan pertanian.

Alamat
Jl. Perum Peruri No. 69 Pinayungan, Telukjambe Timur, Karawang
No. Telp: (0267) 643047 – 8403473

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Website Resmi: www.alfathimiyah.com mobile.alfathimiyah.com dan No. Telp: (0267) 643047 – 8403473


 
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.