Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Sistem Kebut Semalam, Efektif atau Tidak ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Sistem Kebut Semalam, Efektif atau Tidak ?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Kenalin mbak, saya Niar usia saya 19 tahun. Saat ini saya terbiasa dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Waktu ujian bisa jawab sih, tapi kok habis ujian lupa ya ? Gimana sih mbak  cara belajar yang efektif itu?
Wassalamu’alaikum wr wb.
 
Niar di Pekanbaru

Tanggapan :
Wassalamu’alaikum wr wb.
Halo Niar, Sistem Kebut Semalam sering diterapkan para pelajar dan mahasiswa. Begitu besok ujian, malam harinya kamu siapin kopi, cemilan kemudian begadang semaleman untuk belajar. Kok bisa tetap ingat padahal belajarnya ngebut semaleman ? Itu karena hormon kortisol dan adrenalin yang diproduksi saat kita stress, tegang dan panik memicu daya ingat. Namun perlu kamu ketahui, Sistem Kebut Semalam ini memiliki banyak dampak buruk, salah satunya hormon kortisol menjadi hiperaktif dan bisa menimbulkan gangguan-gangguan psikis. Apabila hal ini berlangsung terus – menerus, bisa menyebabkan insomnia dan mengganggu kualitas tidur. Untuk mengembalikan tidur menjadi berkualitas harus melalui tahapan terapi lho, ribet kan ? Selain itu, hasil belajar sistem SKS ini ga akan bertahan lama lho, hanya sekitar 20 % saja. Padahal kita kan butuh bekal ilmu untuk bekerja nanti. Mbak Nur bagi beberapa tips ya, gimana cara belajar yang efektif itu :
 

1. Buat suasana belajar nyaman
Gimana perasaanmu saat belajar di tempat yang kotor dan berantakan ? Tidak nyaman kan ? Sebelum memulai belajar, usahakan kamarmu bersih dan rapi. Kamu juga bisa belajar di tempat terbuka yang membuatmu nyaman dan fresh karena menghirup udara segar.

2. Spaced repetition atau pengulangan berkala
Para Neurosaintis telah membuktikan bahwa sinapsis (titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron lain) yang berperan membuatmu mengingat dan memahami banyak hal. Hal ini berarti bahwa akan lebih produktif untuk belajar secara teratur dengan beristirahat dengan tidur diantaranya. Belajar secara teratur 30 menit setiap harinya, kamu akan memperoleh kemajuan dan pemahaman materi yang signifikan.
 

3. Temukan Gaya Belajarmu Sendiri
Setiap orang memiliki gaya belajarnya sendiri, ada yang lebih cepat memahami jika belajar sambil mendengarkan musik, ada yang menyukai suasana tenang. Ada yang lebih menyukai belajar bersama, sebaliknya ada yang nyaman belajar sendiri di kamar. Apapun gaya belajarmu, usahakan kamu memiliki ringkasan materi pelajaran untuk memudahkanmu mengingat dan memahami pelajaran.
 

4. Teknik pomodoro
Ini nih teknik yang sedang in di kalangan pelajar, teknik belajar pomodoro ya bukan podomoro. Apa sih teknik belajar pomodoro itu ? Begini nih, atur timermu selama 25 menit, kemudian belajarlah selama 25 menit sampai alarm berbunyi. Setelah alarm berbunyi, istirahatlah selama 5 menit agar pikiranmu fresh, rileks dan tidak bosan. Setelah istirahat 5 menit, set alarm 25 menit lagi dan mulailah belajar. Ulangi sampai minimal empat kali, baru kemudian beristirahatlah 15 – 30 menit. Kamu bisa mengatur waktunya sesuai kemampuan kamu.
 

5. Tidur yang cukup
Studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa mahasiswa yang beristirahat dengan cukup pada malam harinya dapat mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar pada pagi hari dan melakukan tes di malam hari tanpa tidur diantaranya.
 

6. Memahami bukan menghapal
Hayoo ngaku, kamu biasanya menghapal atau memahami materi saat belajar. Banyak pelajar menghapal tanpa memahami menjelang ujian. Padahal, kalau memahami materi atau teori maka pada saat ujian kita akan ingat dan mampu menjelaskannya walaupun dengan kata-kata kita sendiri.
 

7. Fokus
Hindari hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasimu. Misalnya, jika tidak menyukai suara-suara saat belajar, kamu bisa mensilentkan atau mematikan sementara alat-alat elektronikmu.

Sekarang sudah tahu kan, cara belajar yang efektif ? Terapkan untuk dirimu sendiri dan bagikan informasi ini pada teman-temanmu yuk.

Semoga bermanfaat

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun