Lima Universitas Malaysia Jalin Kerjasama dengan IAIN Lhokseumawe

 
Lima Universitas Malaysia Jalin Kerjasama dengan IAIN Lhokseumawe

LADUNI.ID,ACEH- Lima universitas dari Malaysia menjalin kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, UKM, UPSI, UCYP, KUIPSAS dan Widad University, Kamis (17/1) ,merancang kegiatan untuk menggali kembali hubungan sejarah Aceh-Malaysia dan perkembangannya dalam kontek rovolusi industri 4.0.

Kasubbag Humas IAIN Lhokseumawe, Saifuddin dari Pahang melalui telepon menjelaskan, pada hari pertama pembahasan dilakukan dengan tiga universitas dari Pahang, yakni University College of Yayasan Pahang (UCYP), Kolej Universiti Islam Pahang Sultan Ahmad Shah (KUIPSAS) dan Widad University College. “Sekarang sedang merancang sebuah kegiatan bersama dalam suatu ikatan kerja sama,” jelas Saifuddin.

Kerjasama dihadiri, Rektor IAIN Lhokseumawe Dr H Hafifuddin MAg, bersama Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Dr Zulfikar Alibuto,  Dr Bastiar MA, Dr Nazar M Hum dan Dr Zulkifli.

Sedangkan dari UCYP diwakili Prof Dr Ahmad, Ahmad Muhaimin dan Pn Suhail. Dari KUIPSAS dihadiri Mohd Jaffri Abdul Ram, Maslina Mohamed dan Nurul Habibah Abdul Rahman. Sedangkan dari Widad University College diwakili Dr Bahari Mohammed.

Ke empat lembaga pendidikan Islam dari Indonesia dan Malaysia ini, sepakat bekerjasama seputar penelitian, pertukaran mahasiswa, publikasi ilmiah dan seminar. “Disepakati hal yang akan dilakukan bersama oleh empat perguruan tinggi ini adalah join, penelitian bersama, pertukaran mahasiswa, publikasi ilmiah dan seminar,” jelas Saifuddin.

Sebagai kegiatan tahap awal dalam kerja sama empat perguruan tinggi ini, segera dilakukan seminar peradaban. “Seminar ini untuk menggali kembali hubungan sejarah Aceh-Pahang dan perkembangannya dalam kontek rovolusi industri 4.0,” kata Kasubbag humas kembali. Seminar ini disepakati lokasinya di Pahang. Sedangkan kepanitiaan, ditetapkan bersama dengan pembagian tugas untuk masing-masing universitas.

Selain seminar, bidang pertukaran mahasiswa dinilai hal yang juga sangat serius dilaksanakan. “Dimana nantinya akan ada mahasiswa IAIN Lhokseumawe yang akan berkuliah dalam waktu tertentu, misal selama 1 bulan di universitas Pahang,” sebut Saifuddin. Begitu juga akan dikirim mahasiswa Pahang untuk kuliah singkat di IAIN Lhokseumawe. Sementara itu pembahasan kerjasa dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Pendidikan Sultan Idris  (UPSI), dijadwalkan  pada Jumat (18/1).

Dekan FTIK Dr Zulfikar Alibuto yang ikut dalam pembahasa kerjasama di Malyasia menambahkan, kerjasama IAIN dengan lima universitas dari Malaysia akan membuka peluang mahasiswa dari Lhokseumawe, mempelajari pendidikan tingkat internasional. “Kerjasama ini memberikan peluang besar terhadap pengembangan dan ikatan akademik bagi mahasiswa,” kata Zulfikar. Khususnya dalam penguatan wadah dan wahana non-akademik mahasiswa untuk melihat dunia internasional

Sumber:waspadamedan.com