Australia Selidiki Kasus Gadis Usia 12 Tahun yang Melahirkan

 
Australia Selidiki Kasus Gadis Usia 12 Tahun yang Melahirkan

 

LADUNI.ID,INTERNASIONAL - Kepolisian di Perth, Australia, sedang menyelidiki kasus remaja perempuan usia 12 tahun yang melahirkan bayi pada awal bulan ini.

Gadis itu diyakini hamil pada usia 11 tahun.

Perth Now mengabarkan pada Jumat (25/1/2019), anak itu mengatakan kepada staf rumah sakit bahwa dia juga tidak menyadari jika hamil, sebelum akhirnya melahirkan bayi di rumahnya.

Remaja yang tidak disebutkan namanya itu kemudian dilarikan ke RS King Edward Memorial, bersama dengan bayinya yang lahir pada pukul 02.00 dini hari.

Polisi menginvestigasi mengenai kehamilan dan terungkap ayah dari bayi tersebut juga masih anak-anak.

Juru bicara kepolisian mengatakan, pihak berwenang telah menghubungi pihak keluarga, Departemen Sosial, dan Departemen Kesehatan.

"Ada banyak isu sosial yang kompleks, yang akan diatur oleh semua lembaga. Prioritas terkini untuk memastikan dukungan tersedia bagi keluarga," katanya.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Sosial menolak untuk mengomentari kasus individu untuk melindungi pribasi anak dan keluarga.

"Jika ada kekhawatiran anak mungkin telah mengalami pelecehan seksual atau kemungkinan akan mengalami pelecehan seksual, Departemen akan melakukan penilaian menyeluruh terhadap situasi tersebut," demikian bunyi pernyataan itu.

Laporan dari ABC menyebutkan, remaja tersebut kini menyandang status sebagai ibu termuda di Australia Barat.

Statistik Departemen Kesehatan menunjukkan, ada 12 remaja perempuan usia 12 tahun yang melahirkan di Australia Barat sejak 1980.

Sebanyak anak perempuan usia di bawah 13 tahun telah melahirkan bayi pada tiga tahun terakhir.

Sementara itu, kelahiran bayi oleh ibu yang masih remaja telah menurun dari 1,2 persen pada 1980 menjadi 0,3 persen pada 2017

SUMBER:Kompas.com