2 dan Menteri Palestina Resmi Ajukan Pengunduran Diri ke Presiden Abbas

 
2 dan Menteri Palestina Resmi Ajukan Pengunduran Diri ke Presiden Abbas

 

LADUNI.ID,INTERNASIONL - Pemerintahan Otoritas Palestina yang dipimpin Perdana Menteri Rami Hamdallah telah resmi mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Mahmoud Abbas, Selasa (29/1/2019).

Pengunduran diri seluruh jajaran pejabat Pemerintah Palestina itu menyusul keluarnya rekomendasi dari Komite Pusat Fatah untuk dibentuknya pemerintahan baru.

Pemerintahan baru yang direkomendasikan komite tersebut yakni terdiri dari perwakilan faksi-faksi di Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan tokoh-tokoh independen.

"Perdana Menteri Otoritas Palestina Rami Hamdallah dan para menteri lainnya telah mengundurkan diri," kata juru bicara perdana menteri, Ahmad Shami, Selasa (29/1/2019).

Shami menambahkan, Presiden Abbas telah menerima pengunduran diri perdana menteri beserta para menterinya, namun mereka akan tetap bertugas sampai pemerintahan baru terbentuk.

Anggota Komite Pusat Fatah, Azzam al-Ahmad sebelumnya mengatakan, Palestina perlu untuk membentuk pemerintahan baru sebagai tanggapan atas sikap kelompok Hamas yang tidak mau menyerahkan kendali atas wilayah Jalur Gaza kepada Otoritas Palestina.

"Hamas membantu pembentukan pemerintahan terakhir. Namun kali ini mereka tidak akan berpartisipasi dalam pembentukannya atau pun menjadi bagian darinya," kata Ahmad, kepada Times of Israel.

Pemerintahan di bawah Otoritas Palestina saat ini dibentuk pada 2014 dengan dukungan dari Fatah dan Hamas.

Namun sejak saat itu, Presiden Abbas telah melakukan setidaknya dua kali perombakan kabinet tanpa persetujuan Hamas.

Kedua kelompok pergerakan tersebut telah saling berselisih sejak 2007, ketika Hamas secara paksa menggulingkan Otoritas Palestina yang didominasi dari Gaza dan mengambil alih kendali wilayah itu.

 

SUMBER:Kompas.com