Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Itu Self Love?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Itu Self Love?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya waktu kecil sering di bully teman-teman saya. Walaupun tidak sampai terjadi kekerasan fisik, namun seringnya dibully membuat saya menjadi orang yang tidak percaya diri dan minderan.

Sekarang ini saya sudah kelas XII, menghadapi masa kuliah nanti saya ingin belajar menjadi pribadi yang baru dan percaya diri. Tolong dong mbak, bagi tipsnya agar saya bisa belajar mencintai diri sendiri dan menjadi lebih percaya diri.
Sebelumnya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Taufik di Malang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Taufik, pembulian yang dialami saat kecil memang memberikan dampak buruk pada korban bullying.  Sedih, minder, cemas, menarik diri, bahkan depresi. Apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa membuat korban menjadi pribadi yang tidak percaya diri. Mbak Nur mengapresiasi dengan baik langkah Taufik untuk mengkonsultasikan hal ini.

Baca juga: Cara menghadapi orang yang memebenci kita

Taufik harus menyadari satu hal, bahwa kita tidak bisa mengontrol orang lain untuk tidak bersikap buruk terhadap kita. Oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah membentengi diri kita dengan mencintai diri kita sendiri (love your self) dan mengembangkan kualitas diri kita. Self-love atau self-compassion, adalah kemampuan kita untuk berbuat baik pada diri kita sendiri.
Berikut ini mbak Nur bagi cara menumbuhkan self love yang bisa kamu praktikkan :
 

1. Kenali dirimu sendiri secara utuh.
Jangan terlalu terfokus pada hal yang negatif dan positif pada diri sendiri. Kedua hal tersebut bisa membantu kita untuk menjadi pribadi yang baik. Syukuri hal-hal baik pada dirimu dan perbaiki hal-hal yang bersifat negatif.
 

2. Putuskan hubungan yang bersifat toxic
Putuskan hubungan pertemanan yang tidak sehat, di mana teman-teman memberikan pengaruh buruk atau semakin menggerus kepercayaan diri kita.
 

Baca juga: Bagaimana cara atasi kecemasan diri?

3. Selalu bersyukur
Buatlah sebuah agenda yang berisi tentang hal-hal baik yang kau alami setiap harinya, bersyukurlah akan hal-hal baik tersebut. Menjadi pribadi yang penuh rasa syukur akan membuatmu lebih mencintai dirimu sendiri.
 

4. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain
Setiap orang memiliki kehidupannya sendiri, membandingkan dirimu dengan orang lain yang memiliki kelebihan hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Fokus untuk selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki, masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan dirimu.

5. Beri penghargaan pada dirimu sendiri
Ini adalah hal yang paling menyenangkan namun meningkatkan penghargaan diri kita sendiri. Misalnya setelah meraih sebuah pencapaian yang penting atau berhasil melalui targetmu, kamu bisa menghadiahi dirimu sendiri.  
 

6. Tingkatkan keyakinan spiritualitasmu
Keimanan adalah fondasi yang kuat dalam self love. Melakukan aktivitas-aktivitas yang bersifat spiritual memberikan pengalaman yang menenangkan dirimu.

Itulah tips - tips yang bisa kamu lakukan untuk berlatih mencintai diri sendiri. Selamat mencoba.
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun