Do'a Sebelum dan Setelah Berhubungan Seksual, Beserta Amalan-amalannya.

 
Do'a Sebelum dan Setelah Berhubungan Seksual, Beserta Amalan-amalannya.
Sumber Gambar: KibrisPdfsandipo

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam Islam, pria dan wanita yang belum menikah diharamkan untuk melakukan hubungan badan. Mereka akan dikenakan dengan dosa yang sangat besar. Sebaliknya, bila sudah menikah justru dihalalkan untuk melakukan hubungan intim. Bahkan pasangan suami istri akan mendapatkan pahala dengan memberikan nafkah lahir dan batinnya. Dalam Islam juga diajarkan bagi pasangan yang sudah menikah untuk berdoa sebelum ataupun sesudah melakukan hubungan intim.

Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani menerangkan, sebelum berhubungan suami-istri (jimak) kita dianjurkan minimal berdo’a kepada Allah. Di samping itu, kita mengharapkan dalam do’a tersebut karunia anak saleh kelak jika Allah SWT menakdirkannya dari hubungan tersebut.

Terkait hal ini, Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya` ‘Ulumiddin juga menjelaskan amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai jimak, yaitu:
1. Disunnahkan untuk membaca bismillah
2. Membaca surat Al-Ikhlash
3.Membaca takbir dan tahlil (Allohu akbar, Laailaha illalloh)
4.Membaca doa: Bismillahil-‘aliyy al-azhim. Allahumma ij`alha dzurriyatan thayyibah, in kunta qaddarta an tukhrija dzalika min shulbi.
Allahumma jannibni asy-syaithan wa jannib asy-syaithan ma razaqtana. ( Arabnya seperti dalam penjelasan al-Ghaali di bawah)
5.Memakai penutup atau selimut, dan jangan melakukan jimak dengan telanjang bulat Memulai dengan cumbu-rayu dan ciuman

Amalan ketika sedang jimak.
1.Hindari untuk mengadap kearah kiblat
2.Hindari terlalu banyak pembicaraan
3.Ketika istri menjelang orgasme, maka suami mengatakan dalam hati: Alhamdulillahil-ladzi khalaqa minal-ma` basyara faja’alahu nasaban wa shahra wa kana rabbuka qodira.
4.Usahakan untuk keluar bersama-sama, karenanya pihak lelaki jangan terburu-buru untuk segera mentuntaskan permainan sebelum pihak perempuan mencapai orgasme.
5.Dan jika ingin mengulangi jimak yang kedua maka sebaiknya membersihkan atau mencuci terlebih dahulu kemaluannya.

Do’a sebelum berhubungan seksual

 بِسْمِ اللهِ العِلِيِّ العَظِيْمِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ صُلْبِيْ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنِيْ

 

Bismillahil ‘aliyyil ‘azhim. Allahummaj‘alhu dzurriyyatan thayyibah in qaddarta an takhruja min shulbi. Allahumma jannibnis syaithana wa jannibis syaithana ma razaqtani.
Artinya, “Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. Tuhanku, jauhkan aku dari setan, dan jauhkan setan dari benih janin yang Kauanugerahkan padaku.”

Do'a setelah berhubungan seksual Setelah berhubungan suami-istri (jimak) kita dianjurkan memuji Allahatas nikmat dan karunia-Nya.
Di samping itu kita dianjurkan untuk berdoa setelah jimak sebagaimana disinggung oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqqi Azza wa Jalla, juz I, halaman 103.

 
 بِسْمِ اللهِ الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصَهْرًا وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيْرًا

Bismillah. Alhamdulillahilladzi khala minal ma’i basyara, faja‘lahu nasaban wa shahra, wa kana rabbuka qadira. Artinya, “Dengan nama Allah, segala puji bagi-Nya yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan dan kekerabatan. Tuhanmu maha kuasa.”

Amalan-amalan tersebut berdasarkan kitab Ihya Ulumiddin (Abu Hamid al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, Mesir-Mushthafa al-Babi al-Halabi, 1358 H/1939 M, juz, 2, h. 51, 52).

Demikian bacaan doa sebelum berhubungan suami istri dalam bahasa Arab, latin serta artinya. Bisa dibaca sebelum melakukan jimak agar mendapat perlindungan Allah SWT.

 

________________

Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada tanggal  12 Maret 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan
Editor : Lisandipo

Sumber: kitab Ihya Ulumiddin,Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqqi Azza wa Jalla