Saat yang Tepat Berkonsultasi dengan Dokter Ketika Diare

 
Saat yang Tepat Berkonsultasi dengan Dokter Ketika Diare

LADUNI.ID, Jakarta -  Diare merupakan suatu kondisi dimana frekuensi buang air besar (BAB) lebih dari biasanya dan feses yang keluar cenderung cair. Dan perut terasa mules tak tertahankan sehingga ingin segera mungkin ke toilet.

Pada umumnya, orang pasti langsung mengonsumsi obat penghenti diare atau obat golongan loperamide. Padahal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan obat penghenti diare karena berisiko menyebabkan dehidrasi dan berbahaya.

Menurut  dr Felix Samuel, MKes, seorang dokter umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, diare yang diakibatkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya dan tidak membutuhkan antibiotik.

Namun, diare juga tidak boleh dianggap sepele.

Ia mengatakan "Kalau diaere disertai penyulut, muntah-muntah, kalau minum saja bisa muntah. Kalau sudah mulai demam tinggi hampir dipastikan karena infeksi ya harus ke dokter."

dr. Felix juga menambahkan "Kalau karena bakteri ada keluhan dari perutnya keram. kalau mau memastikan tetap harus ke dokter pemeriksaan feses." .

Ia menyarankan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.