Hidup Sehat dengan Sunnah Rasululullah SAW

 
Hidup Sehat dengan Sunnah Rasululullah SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, Sunnah merupakan salah satu perkara yang ditinggalkan oleh Rasulullah SAW untuk kita ummat Islam selain Al-quran.  Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mencontohi sunnah tersebut karena mengandung berbagai macam keistimewaan di dalamnya yang tentuntunya sangat bermanfaat bagi kita yang mau mengamalkannya. Terkait hal tersebut, Allah SWT memuji semua perbuatan Rasullullah SAW dan menamakannya sebagai “teladan yang baik“, dalam firman-Nya :

                                                                        لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).

Ini menunjukkan bahwa orang yang meneladani sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berarti dia telah menempuh ash-shirathal mustaqim (jalan yang lurus) yang akan membawanya mendapatkan kemuliaan dan rahmat Allah Ta’ala.

 Berikut ini merupakan rahasia atau manfaat dari beberapa Sunnah Nabi Muhammad SAW yang patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1). Alangkah baiknya jika kita Buang air besar (BAB) secara jongkok, karena lebih bersih dan menyehatkan . Adapun BAB secara duduk, maka beresiko tinggi terkena wasir/ambeien. 

2). Hindarilah kencing berdiri, karena beresiko prostat dan batu ginjal. Kencinglah secara jongkok lebih bersih dan tidak meninggalkan sisa serta  lebih menyehatkan.

3). Makanlah dengan menggunakan tangan, karena enzim di tangan dapat membantu makanan lebih mudah dicerna. Dibanding dengan besi, kayu, atau plastik, makan dengan tangan lebih bersih, fitrah dan menyehatkan.

4). Hindarilah makan dan minum secara berdiri, hal ini dapat mengganggu pencernaan.  Sebaiknya makan dan minumlah dengan duduk, karena lebih santun dan menyehatkan pencernaan, dan air yang masuk ke tubuh dapat tersaring dengan sempurna.

5). Makan di kursi, masih kurang menyehatkan. alangkah baiknya jika kita makan denagn duduk di lantai, tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang: udara, makanan dan air.

6). Makan buah setelah makan (cuci mulut) kurang bagus bagi lambung, karena ada reaksi asam. Adapun makan yang sehat adalah makan buah sebelum makan, membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap.

7). Hindarilah tidur secara tengkurep karena tidak bagus untuk kesehatan, bahkan itu tidurnya syetan. sebaiknya tidurlah dengan menghadap kanan lebih menyehatkan.

Selain itu, masih banyak sekali sunnah Rasulullah yang patut kita teladani. Mari mencitai dan mengamalkan sunnahnya, karena didalamnya ada kejayaan dan kesejahteraaan. Seorang dokter Eropa berkata: “jika semua manusia mengamalkan 3 sunnah saja (sunnah makan, sunnah di Kamar Mandi, dan sunnah tidur), maka harusnya saya berhenti jadi dokter karena tidak ada pasien.“

Semoga Bermanfaat.