Doa Puasa Ramadhan Hari ke-20 dan Hikmahnya

 
Doa Puasa Ramadhan Hari ke-20 dan Hikmahnya
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk dibukakan pintu surga dan diberi kemampuan mengamalkan perintah yang tertera dalam Al Qur’an.

Berikut ini bacaan lafadz doa hari dua puluh Ramadhan 1443 Hijriah beserta teks bahasa Indonesia, arti dan hikmahnya:

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-20

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allahummaftah lî fihi abwabal jinani wa agliq 'anni fihi abwaban niran wa waffiqnî litilawatil qur'ani ya munzilas sakinata fî qulubil mu'minîn

 Artinya: “Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al qur'an di bulan ini. Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin”

Hikmah Puasa Hari Ke-20

Pada suatu hari Allah SWT mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalamTaurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.


(Kitab Mafaatih Al-Jinaan, bab 2 dan pasal 3, karya Asy-Syaikh Al-Muhaddits Abbas bin Muhammad Ridha Al-Qummi atau Abbas Al-Qummi rahimahullah)