Doa Puasa Ramadhan Hari ke-23 dan Hikmahnya

 
Doa Puasa Ramadhan Hari ke-23 dan Hikmahnya
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta -Ramadhan merupakan satu bulan dari kalender Islam, yang memiliki keutamaan (fadhilah) luar biasa dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Bulan Ramadhan membawa rahmat, ampunan, balasan berganda terhadap amal baik, serta bulan yang mampu melindungi kita dari jilatan api neraka.

Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan kemuliaan, sehingga Rasulullah saw di akhir bulan Syakban senantiasa mengajarkan sahabat dan keluarganya akan hikmah dan fadhilah yang dikandung Ramadhan. Sisa bulan ini beberapa hari lagi jangan lupa terus memperbanyak doa termasuk doa hari ke 23 Ramadhan. 

Berikut ini bacaan lafadz doa hari dua puluh tiga Ramadhan 1443 Hijriah beserta teks bahasa Indonesia, arti dan hikmahnya:

Doa Hari ke-23 Puasa Ramadhan

اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الذُّنُوْبِ وَ طَهِّرْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْعُيُوْبِ وَ امْتَحِنْ قَلْبِيْ فِيْهِ بِتَقْوَى الْقُلُوْبِ يَا مُقِيْلَ عَثَرَاتِ الْمُذْنِبِيْنَ

Allahummaghsilni fihi minadzdzunubi wa thahhirni fîhi minal ‘uyubi wamtahin qalbi bitaqwal qulubi ya muqila ‘atsaratil mudznibina

 Artinya : ”Ya Allah, sucikanlah aku dari dosa-dosa dan bersihkanlah diriku dari segala aib/ kejelekan.Tanamkanlah ketakwaan di dalam hatiku. Wahai Penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa”.

Hikmah Puasa Hhari ke-23

Kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.


(Kitab Mafaatih Al-Jinaan, bab 2 dan pasal 3, karya Asy-Syaikh Al-Muhaddits Abbas bin Muhammad Ridha Al-Qummi atau Abbas Al-Qummi rahimahullah)