Gerakan Shalat Ternyata Mampu Berikan Efek pada 660 Otot dan 266 Tulang

 
Gerakan Shalat Ternyata Mampu Berikan Efek pada 660 Otot dan 266 Tulang
Sumber Gambar: Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Di dalam shalat ternyata terdapat segudang manfaat bagi tubuh. Sejak takbiratul ihram hingga salam. Semua itu mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Sehingga otomatis akan juga memberikan efek positif bagi kehidupan kita.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Direktur Halimun Center (HMC) dr Briliantono M Soenarwo (SpOT) mengatakan gerakan shalat sangat baik untuk persendian, tulang, dan otot.

“Gerakan shalat bermanfaat bagi kelenturan sendiri, kekuatan tulang, dan memperbesar kemampuan otot,” tutur dr. Briliantono.

Dia juga menambahkan bahwa dalam setiap gerakan shalat memiliki manfaat. Pria yang biasa disapa dr. Tony ini meyebut apabila gerakan shalat dilakukan sesuai yang dianjurkan, maka akan menggerakkan 266 tulang dan 660 otot. “Semua bergerak, dari jari sampai leher. Subhanallah,” tegasnya.

Baca juga: Cara Sehat Lewat Sholat

Lebih dari itu, bahkan ada beberapa olahraga yang meniru gerakan shalat. Menurut dia, hal itu boleh-boleh saja karena bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Hal yang juga jarang kita sadari ternyata kekhusyukan saat shalat juga membawa dampak positif bagi tubuh. Manusia terdiri dari jiwa, raga, dan kalbu. Kalbu inilah yang mempengaruhi pikiran manusia. Jadi, apabila kalbu khusyuk dan senang, maka jiwapun akan terkena imbas baiknya.

“Kalau jiwa senang, hormon melatonin akan naik, akhirnya me-recovery tubuh,” terang dr. Briliantono.

Oleh karena itulah orang-orang yang selesai menunaikan shalat merasa lebih segar dan ‘enteng’ daripada sebelumnya.

So, bagi Anda yang sedang sakit atau tak mampu melakukan gerakan shalat dengan sempurna, jangan khawatir. Karena menurut dr Tony, meskipun gerakan shalat dilakukan dari atas tempat tidur, tetap akan mendapatkan manfaat yang sama.

Wallahu a'lam bisshawab...