Ziarah di Makam Syeikh Tholabuddin, Ulama Penyebar agama Islam di Batang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syeikh Tholabuddin, Ulama Penyebar agama Islam di Batang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syech Tholabuddin sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Batang dan perjuangan melawan Belanda, ketika Sultan Agung menyerang Belanda ke Batavia yang dipimpin oleh tiga penglima perangnya yang bernama : Tumenggung Suro Agul-agul, Tumenggung Alap-alap dan Tumenggung Bahurekso pada tahun 1628 – 1629, melewati wilayah Warungasem, pada saat itu pula utusan Kerajaan Mataram yang dipimpin Syeikh Iibrahim Sami'an dan beberapa Senapatinya membantu usaha Sultan Agung itu.

Sementara  Syeh Tholabuddin bertugas mengumpulkan bahan pangan / logistik di wilayah Warungasem, bersama Syech Kyai Agung Singo Negoro di Pegandon Kendal dan Kyai Agung Gringsing di wilayah Gringsing. Pada  tahun 1751 – 1752 Syech Tholabuddin bersama dua sahabatnya Syeikh Hasan Dipuro dan Syeikh Hasan Muradi membantu laskar Mataram yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I ) berjuang melawan VOC ( Belanda ) di wilayah Batang.

Profil

Syech Tholabuddin yang bernama asli  Kanjeng Kyai Syech Sayyid Abdullah bin Sayyid Husein bin Yahya Ba'alawiy, beliau adalah keturunan ke- 8 dari Sunan Giri dan bila  dirunut silsilahnya maka akan sampai pada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Syeikh Tholabuddin yang mengasuh dua pesantren di daerah Padurungan Pemalang dan Warungasem, Batang Pekalongan, pada tanggal 24 Januari 1575 pernah mengambil  sumpah jabatan Benowo sebagai Bupati Pemalang  yang pertama.

Lokasi Makam

Syech Tholabuddin wafat pada tanggal 20 Sya’ban 1212 yang bertepatan pada tahun 1795 M, dan dimakamkan di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Makam Syech Tholabuddin berada di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.

Haul

Haul Syech Tholabuddin diadakan pada setiap bulan Sya'ban di tahun hijriah, haul beliau diperingati di Makam

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Syech Tholabuddin banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Batang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek pemakaman, Desa Masin, Kecamatan Warungasem.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Syech Tholabuddin, maka dimudahkan segala hajatnya, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam kenaikan derajatnya.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Batang di antaranya:
Corobikang Khas Batang, Getuk Mawur, Getuk Iris, Batik Tradisional Batang, Soto Kebo Khas Batang, Lontong Lamprak, Surabi Kalibeluk