Peringati Hari As Syuro 10 Muharram, Muslimat NU Bandung Bagi Sembako pada Lansia

 
Peringati Hari As Syuro 10 Muharram, Muslimat NU Bandung Bagi Sembako pada Lansia

LADUNI.ID, Bandung - Sekretaris Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PC Muslimat NU) Kabupaten Bandung, Hj Nia Qolbunia menyatakan peringatan 'As Syuro' Muharram merupakan kebahagiaan bagi anak-anak yatim dan piatu. Pasalnya, pada bulan itu di anjurkan berpuasa, juga merupakan bulan hari raya anak yatim. Yakni salah satu amalan sunah yang disarankan Rasul.

“Peringatan Tahun Baru Islam dan menyambut Hari As Syuro 10 Muharram (hari membahagiakan anak-anak yatim)," ujar Hj Nia usai acara pengajian rutin bulanan pada tanggal 7 September 2019 bertepatan dengan 7 Muharram 1441 H di Gedung PCNU Bandung, JL. Laswi-Jongor Ciparay Kabupaten Bandung.

Namun, ada yang berbeda dengan pengurus Muslimat NU Bandung. As Syuro 10 Muharram bagi Muslimat NU Bandung bukan saja santunan anak-anak yatim-piatu tapi juga santunan bagi orang yang sudah lanjut usia (lansia).

Menurut Hj Nia, hal itu dilakukan pengurus Muslimat NU Bandung untuk membahagiakan anggota Muslimat NU yang kebanyakan lansia.

"Kami pengurus Muslimat NU ingin membahagiakan ibu-ibu Muslimat NU yang sudah lansia," kata Hj Nia

Karena, kata Hj Nia, anggota dan jamaah Muslimat NU 60% adalah lansia dan kebanyakan, ibu-ibu lansia Muslimat NU banyak yang peduli terhadap anak yatim.

"Dan para lansia juga mengurus anak yatim baik dari keluarganya sendiri maupun orang lain," terang Hj Nia.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya acara tersebut.

“Terimakasih kami ucapkan sebesar besarnya kepada Pimpinan Wilayah Muslimat NU Jawa Barat, AlfaMart, PCNU Bandung dan para agnia. Tidak lupa Donatur tetap PC Muslimat NU, bapak H.Cucun Ahmad Syamsurrijal, anggota DPR RI Fraksi PKB dan seluruh jajarannya yang telah membantu kegiatan peringatan tahun baru Islam PC Muslimat NU Kab Bandung," ucapnya.

“Semoga sedikit dari yang kami berikan bisa memberikan manfaat dan kebahagian kepada ibu-ibu Muslimat NU yg sudah lansia," imbuhnya.

Nampak kegiatan berjalan dengan baik, penuh kegembiraan dan meriah, penuh suka cita dari Muslimat NU. Lantaran selain peringatan tahun baru Islam 1441 H juga di meriahkan beberapa kegiatan lomba tumpeng dan pembagian sembako kepada lansia.

Sebelumnya acara di isi dengan kajian rutin dengan materi Tafsir Alqur’an, Hadist Arbain, Kitab Safinah, juga Albarzanji sebagai wujud Muslimat NU Bandung peduli lansia. (*)