Ziarah di Makam Syech Pandan Jati, Waliyullah dari Pemalang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syech Pandan Jati, Waliyullah dari Pemalang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syech Pandan Jati diyakini beliau adalah Waliyullah yang menyebarkan agama Islam semasa hidupnya. Dalam sejarahnya, Ki Pandan Jati sendiri adalah seorang tokoh atau pembesar Kerajaan Mataram yang mengasingkan diri ke daerah barat tepatnya di kawasan hutan Bantarbolang.

Profil
Dalam sejarahnya, Ki Pandan Jati sendiri adalah seorang tokoh atau pembesar Kerajaan Mataram yang mengasingkan diri ke daerah barat tepatnya di kawasan hutan Bantarbolang. Ki Pandanjati mengasingkan diri karena ia dituduh melakukan korupsi dan dihukum seumur hidup.

Saat berada di tengah hutan itulah Ki Pandan Jati lantas bertemu dengan Ki Bantarbolang, seorang petapa sakti nan mumpuni. Karena merasa iba dan tersentuh oleh kebaikannya, Mbah Bantarbolang lantas mengizinkan Ki Pandan Jati untuk tinggal dirumahnya. Sambil berurai air mata, Ki Pandan Jati pun mulai menceritakan kisah hidupnya yang sedang didera fitnah.

Sejak itu, Mbah Bantarbolang pun merasa semakin yakin kalau Pandan Jati adalah orang yang baik hati. Ki Pandan Jati kemudian diangkat menjadi murid dan digembleng dengan bermacam ilmu kanuragan dan juga budi pekerti. Bersama murid Mbah Bantarbolang yang lain yaitu Ki Palintaran, Ki Pandan Jati lantas menjelma menjadi pribadi yang sangat tangguh secara lahir dan batin.

Dalam persepsi budaya masyarakat Jawa, Ki Pandan Jati diyakini sebagai sosok linuwih yang waskita dan mumpuni. Bersama Ki Palintaran yang sudah lebih dulu berguru, Ki Pandanjati menjadi murid kesayangan Mbah Bantarbolang dan mewarisi semua ilmu kedigdayaan dari gurunya tersebut. Palintaran dan Pandan Jati adalah dua pendekar sakti dan berbudi luhur.

Karena laku spiritual dan olah kebatinannya, Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran menjadi orang sakti yang weruh sedurunge winara atau mampu menerawang sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Merasa semakin rapuh karena termakan usia, Mbah Bantarbolang lantas bermaksud mencari penerusnya. Namun karena Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran sama-sama mumpuni, Mbah Bantarbolang pun merasa bingung untuk memilih. Mbah Bantarbolang lalu menguji kedua muridnya tersebut untuk mengetahui siapa yang paling layak menjadi pemimpin di padepokannya kelak.

Ia pun meninggalkan padepokan secara sembunyi-sembunyi dan memberikan kesempatan kepada Ki Pandanjati dan Ki Palintaran untuk memimpin dan memberi pengajaran kepada murid-muridnya yang lain. Ditinggalkan sang mahaguru, seluruh murid Mbah Bantarbolang merasa kehilangan. Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran lalu berusaha untuk menemukannya.

Karena memiliki mata batin yang lebih tajam, akhirnya Ki Pandan Jati mampu menemukan gurunya tersebut. Saat keduanya bertemu, Mbah Bantarbolang enggan untuk kembali menjadi guru dan meminta Ki Pandanjati untuk memimpin padepokannya. Ki Pandanjati lantas menuruti kemauan Mbah Bantarbolang dengan menjadi guru dan memimpin padepokan tersebut hingga akhir hayatnya.

Guru beliau di antaranya:

  1. Ki Bantarbolang

Lokasi Makam
Makam Ki Pandan Jati, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika dari arah barat, setelah memasuki Kota Pemalang dan melewati alun-alun, berbeloklah ke arah kanan.

Tapi jika dari arah timur, berbeloklah ke kiri di lampu merah sebelum Alun-alun Pemalang. Perjalanan akan dilanjutkan beberapa puluh kilometer ke arah selatan melewati daerah perbukitan di jalan utama Bantarbolang-Randudongkal-Bobotsari. Setelah itu, berbelok ke arah kanan, persisnya di Pasar Bantarbolang dan langsung memasuki jalan yang menuju area Makam Ki Pandan Jati.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Syech Pandan Jati banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Syech Pandan Jati saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Syech Pandan Jati, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, dengan berdoa kepada Allah dengan bertawassul kepada beliau maka akan dimudahkan dalam mencari rezeki.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di di antaranya:
Ogel-ogel, Kamir, Apem Comal, Bongko Mento, Kraca, Tahu Pletok, Kepiting Lemburi, Kerupuk Useg.