Bentuk Penghargaan pada Indonesia, Meksiko Resmikan Patung Soekarno

 
Bentuk Penghargaan pada Indonesia, Meksiko Resmikan Patung Soekarno

LADUNI.ID, Jakarta - Tahukah Anda, bahwa patung Soekarno sudah diresmikan di Meksiko? Ya, patung tersebut berdiri megah di ibu kota Meksiko, Mexico City. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, bersama Wali Kota Venustiano Carranza, Julio Cesar Moreno meresmikan patung tersebut.

Acara peresmian dihadiri kurang lebih 150 undangan yang terdiri dari delegasi Kemenko PMK, Kementerian Luar Negeri, para pejabat Meksiko dan duta besar negara-negara sahabat.

Patung Soekarno ini dianggap sebagai penghargaan sangat tinggi dari Meksiko terhadap Indonesia.

"Kehadiran taman dan patung Soekarno di Mexico City diharapkan menjadi simbol pengingat warga kedua negara bahwa Indonesia dan Meksiko mempunyai sejarah dan hubungan kuat," tutur Menko Puan, dikutip dari pernyataan KBRI Mexico City, Senin (30/9).

Peresmian Taman dan Patung Soekarno ditandai dengan pembukaan kain penutup tulisan Taman Soekarno dan Patung Soekarno, pemecahan kendi dan penandatanganan prasasti oleh Menko PMK RI dan Wali Kota Venustiano Carranza.

Acara ini juga dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Meksiko, di mana ditampilkan tari-tarian yang dibawakan oleh warga negara Meksiko yang pernah belajar di Indonesia, serta disajikan berbagai makanan ringan tradisional Indonesia.

Taman Soekarno merupakan bagian dari taman yang cukup besar. Taman ini seluas 2.500 meter persegi.

Saat peresmian, taman ini telah selesai pembangunan tahap pertama. Patung Presiden Soekarno sendiri berdiri setinggi tiga meter.

(Sumber: Medcom)