Safari Ziarah dan Berdoa di Makam KH Ahmad Sanusi Sukabumi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Safari Ziarah dan Berdoa di Makam KH Ahmad Sanusi Sukabumi

Sekilas Sejarah

Beliau merupakan sang pemikir dan pejuang yang gigih menentang kekuasaan Belanda hingga ia bersama sejumlah Kiai lainnya seperti KH. Wahid Hasyim, Moch. Yamin dan Kyai lainnya yang terlibat dalam merumuskan berdirinya negeri ini.
KH. Ahmad Sanusi dilahirkan pada 12 Muharram 1306 H bertepatan dengan tanggal 18 September 1888 M di Kampung Cantayan Desa Cantayan Kecematan Cantayan Kabupaten Sukabumi (daerah tersebut dulunya bernama Kampung Cantayan Desa Cantayan Onderdistrik Cikembar, Distrik Cibadak, Afdeeling Sukabumi).

KH. Ahmad Sanusi mulai belajar serius mendalami ilmu Agama Islam saat berusia 16 tahun, ia bertualang menambah pengalaman dan memperluas pergaulan dengan masyarakat, menuntut ilmu di berbagai pesantren di Jawa Barat seperti:
  1. Pesantren Salajambe (Cisaat Sukabumi)
  2. Pesantren Sukamantri (Cisaat Sukabumi)
  3. Pesantren Sukaraja (Sukaraja Sukabumi)
  4. Pesantren Cilaku (Cianjur), Pesantren Ciajag (Cianjur)
  5. Pesantren Gentur Warung Kondang (Cianjur)
  6. Pesantren Keresek (Garut)
  7. Pesantren Bunikasih (Garut)
  8. Pesantren Gudang (Tasikmalaya).
Setelah menikah dengan Siti Juwariyah putri Haji Affandi dari Kebon Pedes, beberapa bulan kemudian pada tahun 1910 M Ahmad Sanusi beserta istri berangkat ke Mekkah al-Mukarromah untuk menunaikan ibadah haji, setelah menunaikan ibadah haji, mereka bermukim di Mekkah al-Mukarromah selama 5 tahun untuk memperdalam pengetahuan Agama Islam.
 
Pada tahun 1934, Ahmad Sanusi mendirikan Pondok Pesantren Gunung Puyuh yang lokasinya berada di belakang rumahnya, dalam perkembangan berikutnya Pondok Pesantren tersebut di beri nama Pergoeroean Syamsoel ‘Oeloem.
 
Beliau meninggal tahun 1950 di Sukabumi pada tanggal 31 Juli 1950, dan dimakamkan kompleks makam KH Ahmad Sanusi Belfast, Kecamatan Gunungpuyuh
 
 Jasa-jasanya

Beliau pernah menjadi anggota BPUPKI Pemikirannya tentang konsep bentuk Negara dan wilayah Negara, hal ini terungkap dalam sidang BPUPKI pada tanggal 10-11 Juli 1945.
 

Lokasi Makam KH Ahmad Sanusi

Makam KH Ahmad Sanusi terletak di kompleks makam KH Ahmad Sanusi Belfast, Kecamatan Gunungpuyuh, Sukabumi, Jawa Barat.