Empat Metode Dakwah Rasulullah Ini Jadi Pedoman Ulama NU

 
Empat Metode Dakwah Rasulullah Ini Jadi Pedoman Ulama NU

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam melakukan dakwah, para ulama Nahdlatul Ulama (NU) memiliki pedoman yang langsung bersumber dari Rasulullah Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam. Setidaknya terdapat empat metode dakwah Rasulullah menjadi pedoman ulama NU. Hal ini seperti yang telah dipaparkan oleh Dr. Jamal Makmur sebagaimana berikut ini.

***

هو الذي بعث في الأميين رسولا منهم يتلو عليهم آياته ويزكيهم ويعلمهم الكتاب والحكمة وان كانوا من قبل لفي ضلال مبين (الجمعة ٢)

Nabi Muhammad diturunkan di masyarakat buta huruf (ummi) secara keilmuan Dan secara peradaban. Namun Nabi mampu membangun umat yang wasatha (moderat-toleran) sehingga mampu menjadi saksi dalam segala bidang (agama, sosial, ekonomi, peradaban, dan politik).

Masyarakat wasatha inilah yang mampu berperan membangkitkan kemajuan Dan meraih cita-cita di berbagai sektor kehidupan sehingga Nabi Dan para sahabatnya menjadi pemimpin perubahan yang mencerahkan.

Ada 4 Metode dakwah Nabi dalam mengubah masyarakat ummi secara pengetahuan dan terbelakang dari segi Kebudayaan.

  • Pertama, يتلو عليهم اياته (membaca Al Qur'an)

Masyarakat Arab diajari membaca Al Qur'an. Al Qur'an adalah firman Allah yang membimbing manusia menuju Jalan lurus. Banyak sahabat Nabi yang mendapatkan hidayah karena mendengar bacaan Al Qur'an. Salah satunya adalah Umar bin Khattab ketika mendengar adiknya membaca QS. Thaha:

طه ما انزلنا اليك القران لتشقي إلا تذكرة لمن يخشي تنزيلا ممن خلق الأرض والسموات العلي الرحمن علي العرش استوى ...

Mendengar bacaan ini, Umar terketuk hatinya dan akhirnya datang kepada Nabi bersyahadat masuk Islam. Prabu Siliwangi tunduk kepada Putri Subang Larang ketika mendengar bacaan Al Qurannya.

Oleh sebab itu, umat Islam, khususnya warga NU, Harus bisa membaca Al Qur'an sebagai sumber petunjuk Allah kepada umat manusia.

  • Kedua, ويزكيهم (pembangunan karakter)

Setelah masyarakat mampu membaca Al Qur'an dengan baik, Nabi Muhammad kemudian membangun karakter positif. Karakter positif lahir dari penyucian jiwa (تزكية النفس) dari segala penyakit yang mengotori.

Nafsu ghadhobiyah (kepentingan/interest) Dan nafsu syahwathiyyah (hasrat) Harus selaras dengan خواطر الهية (getaran ketuhanan-kemanusiaan). Nafsu jika sesuai dengan bimbingan agama, namanya himmah (همة) dalam konteks politik kekuasaan Dan azimah (عزيمة) dalam konteks Ekonomi.

Karakter positif lahir dari kemampuan seseorang menyeleraskan nafsunya dengan bimbingan spiritual Agama yang suci.

Umat Islam Harus Punya himmah yang tinggi (همة علية) dalam membumikan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang moderat progresif.

Nabi Muhammad Punya himmah aliyyah dalam penegakan Islam sehingga Islam Menjulang tinggi di Bumi meskipun banyak rintangan menghadang.

Bagi orang besar, Hal yang besar terasa kecil. Namun bagi orang kecil, Hal yang kecil terasa besar.

Syiir Inspiratif:

بقدر الكد تكتسب المعالي - فمن طلب العلا سهر الليالي

بقدر الكد تعطي ما تروم - فمن رام المني ليلا يقوم

Keluhuran - kemuliaan diperoleh dengan penuh kesulitan

Maka orang yang ingin mendapatkan keluhuran, maka IA siap Tidak tidur Malam

Anda Akan diberi impian sesuai kadar kesulitan

Maka orang yang Punya mimpi maka Malam Hari Harus tegak, jangan tidur

Hadlratussyaikh KH Hasyim Asy'ari mengembangkan Jam'iyah Nahdlatul Ulama dengan segenap jiwa raga, meskipun banyak tantangan. Beliau pernah dipenjara Dan disiksa karena Tidak mau mematuhi perintah Jepang, yaitu Saekere ( membungkukkan badan ke arah Timur ke arah Matahari sebagai bentuk ibadah orang Jepang).

  • Ketiga, ويعلمهم الكتاب (meningkatkan pengetahuan)

Kemajuan umat sangat ditentukan ilmunya. Maka Nabi mendorong sahabatnya untuk mempelajari ilmu. Semakin tinggi Ilmu semakin tinggi derajat seseorang.

Jangan sampai seseorang membanggakan leluhurnya yang hebat,tapi dia sendiri Tidak mampu menunjukkan prestasi.

فخير الناس ذو حسب قديم - أقام لنفسه حسبا جديدا

Sebaik baiknya orang adalah memiliki leluhur hebat, tapi dia sendiri mampu membangun kehebatan

Orang yang Punya leluhur hebat, tapi IA Tidak mampu membangun kehebatan, maka kehebatan leluhurnya Akan mudah dilupakan.

Dalam konteks ini, maka pesan orangtua kepada anak-anaknya adalah:

1. Jadilah orang pintar yang berkah

2. Jadilah orang Kaya yang berkah

Dua ini akan berperan besar dalam kehidupan umat manusia.

  • Keempat, الحكمة (kearifan-wisdom)

Hikmah adalah cahaya Allah yang dipancarkan pada jiwa yang Dikehendaki Allah. Orang yang mendapatkan Hikmah ini, Akan Terbuka rahasia sesuatu yang Akan datang.

KH Abdurrahman Wahid jauh sebelum jadi Presiden pernah bilang bahwa beliau Akan jadi Presiden. Beliau juga pernah mengatakan bahwa KH Said Aqil Siraj akan menjadi Ketua PBNU pada usia 56. Pas Muktamar di Makasar tahun 2010, Kiai Said menjadi Ketua PBNU saat usia 56.

Empat metode dakwah di atas Akan menjadikan warga NU tercerahkan Dan mampu berperan di tengah kezaliman international di Bidang politik (Hal veto hanya untuk segelintir Negara), Ekonomi (Negara maju yang berhak menentukan harga komoditas Mahal), moneter (dollar menjadi Penentu kurs Mata Uang), Dan keilmuan (hanya ilmu Barat yang dianggap ilmiah).

Empat Cara dakwah di atas Akan menjadikan warga NU mampu memberikan kemanfaatan yang seluas-luasnya kepada umat dan bangsa.