Biografi KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H

 
Biografi KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Biografi KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H

  1. 1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
    1.1  Lahir
    1.2  Riwayat Keluarga
    1.3  Wafat
    2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
    2.1  Guru-guru Beliau
    3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
    4.    Referensi

 

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H lahir pada 2 juli 1948 di Grobogan. Beliau merupakan putra ke 4 dari 5 bersaudara, dari pasangan KH. Syamsuri Dahlan dan Nyai. Muslihah (Putri KH. Syarqowie, Tanggungharjo).

Saudara-saudara beliau diantaranya adalah:

  1. Mifroh
  2. Shofiyyah
  3. Maisun
  4. H. A. Baidlowie
  5. H. M. Anshor Syamsuri.

1.2 Riwayat Keluarga
KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H melepas menikah dengan Ibu Nyai Hj. Maemunah AH, putri KH. Shofawie, Solo. Buah dari pernikahannya, beliau di karuniai 4 orang anak, diantaranya adalah:

  1. KH. M. Shofi Al Mubarok  AH
  2. Hj. Millaty Azka AH
  3. H. Mu’tamir Hilmy Mujtaba AH
  4. Hj. Naila Iffah Fitriyyah.

1.3 Wafat
KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H wafat pada hari Kamis Kliwon, 23 Oktober 2014, pagi. Jenazahnya dikebumikan di pemakaman desa Brabo, Grobogan.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

Menurut penuturan KH. Mukhlas Siroj (Tanggungharjo), sejak kecil KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H memulai pendidikannya dengan belajar pengetahuan agama kepada orang tuanya sendiri, disamping itu, beliau juga belajar di sekolah dasar SR (Sekolah Rakyat) bersama adiknya H. M. Anshor Syamsuri di Tanggungharjo, setelah selesai SR, beliau melanjutkan pendidikannya dengan sekolah MTs dan melanjutkan MA di Pesantren Futuhiyyah Mranggen di bawah asuhan KH. Muslih. 

Setelah selesai pendidikan MA, kemudian beliau melanjutkan studinya dengan belajar di UNU Surakarta, dan selesai tahun 1974. Kemudian melanjutkan mengaji kepada Sayyid Muhammad Bin Alawy Al Maliki dan Syekh Yasin Al Fadani (bermukim di tempat Syekh Muhtar Rosyidi) dan Universitas Islam Madinah Fakultas Hadist, selesai 1981.

2.1 Guru-guru Beliau

  1. KH. Syamsuri Brabo (Ayah KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri)
  2. KH. Muslih Al-Maraqi
  3. Syekh Yasin Al-Fadani
  4. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah Beliau

Setelah melakukan pendidikan beliau di kota Madinah akhirnya beliau kembali ke Tanah Air. Setelah itu, beliau sempat mengajar dan menetap di Pondok Pesantren Al Muayyad Solo. Kemudian beliau kembali ke Brabo atas permintaan KH. Syamsuri lewat sebuah wasiat berbahasa arab yang ditempel di almari KH. Syamsuri.

Beliau menjadi pengasuh Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo Tanggungharjo Grobogan, pemegang estafet kepemimpinan kedua setelah KH. Syamsuri Dahlan (Ayahandanya) wafat pada 4 Oktober 1988.

KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H mempunyai peranan  besar dalam NU, beliau pernah menjabat menjadi Ra’is Syuriyyah PCNU  Grobogan, beliau juga pernah menjabat menjadi  Ketua RMI (Robithoh Ma’had  Islam) Jawa Tengah.

Ada banyak hal yang bisa kita teladani dari pribadi bersahaja KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H, diantaranya, beliau selalu Istiqomah Shalat berjama’ah, Shalat Duha, Shalat Tahajjud, yang beliau lakukan dengan penuh kesabaran dan kebijakan beliau yang luar biasa.

Semasa hidup KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H, ada 2 kitab yang dikarang sendiri oleh beliau tentang mertuanya itu. Pertama, Kitab Al-Durrul Mukhtar yang mengupas biografi Kiai Umar. Serta yang kedua adalah kitab Al-Jawaahir Al-Hisaan, yang merupakan kumpulan khutbah pidato Kiai Umar.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya