Ponpes Alif Baa Banjarnegara Sediakan Lahan Pemakaman Pasien Covid-19

 
Ponpes Alif Baa Banjarnegara Sediakan Lahan Pemakaman Pasien Covid-19

LADUNI.ID, Banjarnegara - Merespon adanya penolakan pemakaman jenazah pasien virus corona atau Covid-19, pengasuh pondok pesantren Alif Baa di Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Khayatul Makki, menyiapkan lahan untuk untuk pemakaman pasien Covid-19.

"Adanya penolakan pemakaman jenazah corona di Banyumas menjadi keprihatinan sendiri bagi saya. Sehingga saya memberikan tanahnya untuk memakamkan pasien corona," terang pengasuh yang biasa disapa Gus Khayat ini, di pondok pesantren Alif Baa Banjarnegara, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman Detikcom, Rabu (1/4) kemarin.

Dengan menyediakan lahan pemakaman, Khayat berharap tidak ada lagi penolakan pemakaman pasien Covid-19. "Saya berharap tidak ada lagi peristiwa seperti itu (penolakan pemakaman jenazah pasien corona). Jika ada, silahkan bawa kesini. Karena pemakaman jenazah ini fardlu kifayah," terangnya.

Adapun lokasi tanah tersebut, Kiai Khayat memaparkan masih berada di sekitar pondok pesantren Alif Baa. Ia pun siap memberikan sosialisasi kepada warga yang tinggal dekat dengan tanah tersebut jika ada penolakan.

"Lokasi tanahnya sekitar 1 kilometer dari pemukiman penduduk. Saya yakin tidak ada penolakan. Tetapi jika ada, saya siap memberikan pemahaman kepada warga," paparnya.

Kendati begitu, ia tidak menyebutkan luasan tanah yang disiapkan untuk pemakaman jenazah pasien corona tersebut. Namun, ia tidak membatasi berapa jumlah jenazah pasien corona yang nantinya dimakamkan di tanah miliknya.

"Saya tidak menyebutkan berapa luas tanahnya. Tetapi secukupnya, berapa pun bisa dimakamkan di sini," tutur Gus Khayat.