Pesantren Al-Hidayah Indramayu

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Hidayah Indramayu

Profil

PonPes Al Hidayah, Yayasan Daarul Qurro Wal Hufadz yang terletak di Jl. Raya sumur watu Ds. Pedati Jatimulya, kec. Terisi kab. Indramayu, di desa inilah pesantren al hidayah mengembangkan pendidikan agama mulai Tahun 1981 M. Jumlah penduduk  ± 5.825 jiwa. Merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menaruh perhatian yang  besar  terhadap anak bangsa, Pesantren yang diasuh oleh seorang KH. Muslimun beserta segenap keluarga ini mempunyai tujuan besar yaitu mencetak generasi bangsa yang hafidz (hafal al-Qur’an) dan memahami bacaan qiroati (Qiroatu A’sim mirriwayat hafsin dan Qiroatu A’sim mirriwayati syu’bah).
 
Sulitnya pengahafal al-Qur’an di era sekarang ini melatar belakangi, KH. Muslimun melalui YAYASAN DAARUL QURRO WAL HUFADZ menggulirkan program pendidikan Madrasah Diniah Awaliyah (MDA) dan pendidikan Madrasah Diniah Wustho (MDW), disamping pendidikan sytem pendidikan yang menekankan pada program pengahafalan al-Qur’an, PonPes  Al-Hidayah juga parasantri di gembleng dalam pemahaman kutubussalaf dalam berbagai fan ilmu seperti fan Fiqih, Hadits, Naahwu Sharaf, tauhid, tajwid, tafsir,dan fan ilmu lainnya.
 
Disinilah para santri di gembleng pendidikan yang tidak di pungut biaya, untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menceatak ribuan Penghafal Al-Qur’an baru melalui pendidikan gratis bagi kaum dhuafa Di Pesantren Al-Hidayah.
 
Setiap tahun, pesantren Al-hidayah mengadakan khotmil qur’an (bagu santri yang sudah hatam al-Qur’an 30 juz dan yang hafal juz amm’a/juz ke 30) yang di selenggarakan setiap tanggal 10 syawwal. Dan setiap tahun ajaran baru menerima santri baru dengan tidak di pungut biaya, biaya pendaftaran dan biaya apapun, untuk didik selama 4 tahun tingkat MDA (madrasah Diniyah Awaliyah) dan 4 tahun tingkat MDW (Madrasah Diniyah Wustho).
 
Selain materi agama para santri juga di berikan pendidikan formal sampai dengan jenjang SMA/Madrasah Aliyah dan sederajat di wilayah kecamatan terisi dan sekitarnya. Santri-santri juga di bekali ekstrakulikuler : Komputer, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, Pramuka, Outbound, Dan Kosidah Reabana Hadroh, Olahraga. Sebagai kegitan sehari-hari di lingkungan pesantren. Dengan dua system ini pon-pes Al-Hidayah mempunyai misi mencetak pengahafal Al - Qur’an yang mempunyai science agama dan science modern

Pengasuh

  1. KH. Muslimun

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. SMP
  2. SMK

Pendidikan Non formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Kajian Kitab Kuning

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an, Ta’limul Qur’an
  2. Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni
  3. Belajar al-Qur’an 
  4. Kursus Mu’allim Al Qur’an
  5. Pengajian Kitab Kuning
  6. seni Hadrah, khitobah
  7. Kursus Kaligrafi
  8. Kursus Komputer
  9. Kursus Bahasa Arab 
  10. Bahasa Inggris
  11. Seni Bela Diri.
  12. Ketrampilan Hidup/Kerja: Komputer Office, Menjahit, Memasak, Ketrampilan Wanita, Teknisi Wisata, Grafis, Teknisi Komputer



 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3.  Gedung Sekolah
  4.  Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8. Laboratorium Bahasa
  9.  Ruang tamu
  10. Kopontren
  11. Dapur
  12. Aula
  13. Lapangan
  14. Kantor
  15. Free Wifi
  16. Perpustakaan Digital
  17. Air Isi Ulang

 



Alamat

Jl. Raya sumur watu Ds. Pedati Jatimulya, kec. Terisi kab. Indramayu, Jawa Barat
Kode Pos: 45262
Telepon:      0852-2055-4319





Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.