Pasien Covid di Vietnam Ini Berhasil Sembuh Setelah 2 Bulan Koma

 
Pasien Covid di Vietnam Ini Berhasil Sembuh Setelah 2 Bulan Koma

LADUNI.ID, Jakarta - Negara Vietnam jadi negara dengan nol kasus kematian akibat virus corona sejauh ini. Kasus infeksi di negara ini juga sangat minim yaitu 334 kasus dengan 323 di antaranya sudah sembuh. 

Hingga kini, hanya tinggal 11 pasien yang menjalani perawatan akibat infeksi Covid-19 di negara itu. Kendati begitu, catatan sempurna Vietnam dengan nol kematian hampir ternoda dengan adanya satu pasien virus corona yang kondisinya sangat kritis.

Belakangan, setelah kondisi pasien tersebut pulih dan dinyatakan negatif Covid, identitasnya mulai diketahui publik. Pasien itu adalah seorang pilot Inggris bernama Stephen Cameron (43). Dia dilaporkan mengalami masa pemulihan yang ajaib dari paparan virus corona setelah didiagnosis terinfeksi pada Maret 2020.

Dikutip Laduni.id dari laman Kompas, sebagaimana dilansir dari South China Morning Post (SCMP), Cameron bekerja sebagai pilot di maskapai Vietnam Airlines. 

Cameron dilaporkan terinfeksi virus di sebuah bar di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Dia menghabiskan 47 hari untuk bertahan hidup dengan fungsi paru-paru hanya 10 persen saja dari kapasitas normal.

Pemerintah juga awalnya tidak percaya mengetahui pasien itu dapat pulih begitu cepat. Padahal mereka sempat pesimistis pasien tersebut dapat kembali pulih.

Bahkan Pemerintah Vietnam telah mengalokasikan sebanyak 5 miliar Dong atau sekitar Rp 2,9 miliar untuk menyelamatkan nyawa pilot tersebut.