Biografi KH. Jauhari Zawawi

 
Biografi KH. Jauhari Zawawi
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi KH. Jauhari Zawawi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mendirikan Masjid
  5. Mendirikan Pesantren
  6. Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)
  7. Kisah
  8. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Jauhari Zawawi lahir di Waru, Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Jawa Tengah, pada Jumat Wage tahun 1911. Beliau adalah cucu R. Yusuf Mangkudirjo, keturunan Sunan Kalijaga.

Mbah putrinya, Ny. Saroh binti Muhsin adalah cucu Mbah Saman bin Sriman dari Klampis, Madura, mantan prajurit Goa Selarong, pasukan inti Pangeran Diponegoro yang kemudian memilih berjuang di bidang pendidikan dan merintis berdirinya Pondok Pesantren Sarang, Rembang Jawa Tengah. Sementara ibu beliau, Ny. Umamah bin K. Nur Khotib adalah keturunan ke-9 Sayid Abdurrahmah Ba Syaiban alias Mbah Sambu, Lasem.

Wafat

KH. Jauhari Zawawi wafat pada Rabu Kliwon, 11 Shafar 1415 H atau 20 Juli 1994, jam 05.10 Istiwa' menjelang maghrib. Al-Maghfurlah meninggalkan empat orang putra dan seorang istri serta Pondok Pesantren Assunniyyah.

Pendidikan

KH. Jauhari Zawawi memulai pendidikanya dengan belajar di lingkungan rumahnya, bersama keluarganya. Pada usia 11 tahun, beliau bersama Syaikh Hamzah Syatha, cucu Sayid Bakri Satha, pengarang "I'anah al-Thalibin" sudah hafal 1000 baik nadzom alfiyah.

Setelah dirasa cukup belajar di lingkungnya, beliau melanjutkan pendidikannya mondok kepada KH. Abd. Syakur, Suidang, Abah KH. Abul Fadlol, Senori yang masih saudara nenek beliau, Ny. Saroh. Di sana, beliau juga belajar kepada KH. Ma'ruf, Jatirogo.

Setelah itu beliau tinggal di Kajen, Pati untuk mengaji kepada kiai-kiai dzurriyah Mbah Mutamakkin, seperti KH. Mahfudh (Abah KH. Sahal Mahfudh), KH. Nawawi dan lain sebagainya.

Kurang lebih dua tahun di Kajen, KH. Jauhari pindah ke Pondok Pesantren Sarang, beliau mengaji kepada KH. Umar, KH. Syu'aib, KH. Imam, dan KH. Zubair yang kelak menjadi besan beliau (mertua KH. A. Sadid Jauhari).

Lalu tabarrukan di Pondok Pesantren Termas yang diasuh oleh KH. Dimyati (adik Syekh Mahfudh At-Turmusi).

Setelah di rasa cukup menjelajah pesantren-pesantren di Pantura, KH. Jauhari melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, beliau berguru kepada Hadratussyekh KH. Hasyim Asy'ari. Meski hanya berbekal nasi kerak dan pakaian compang-camping, beliau mantapkan niat untuk mengaji.

Kemudian, beliau melanjutkan pendidikannya ke Tanah Suci. Di Mekkah, KH. Jauhari berguru kepada ulama-ulama Mekah, saat itu, seperti Syaikh Masduqi, Syeikh Hamdan, Syeikh Amin Kutby  dan lain-lain. Di Mekah inilah beliau bertemu H. Ridwan dan calon isterinya, jamaah haji asal Kencong, yang kelak menjadi pilihan terakhir untuk menyebarkan ilmu dan berjuang.

Mendirikan Masjid

Setelah beberapa lama di Tebuireng, beliau diajak KH. M. Yasin ke Probolinggo. Di sini beliau mendirikan madrasah, dibantu oleh KH. Nawawi, Pajarakan, hingga berkembang pesat. Tetapi, setelah kurang lebih dua tahun berada di sana, KH. Jauhari memanggil adiknya KH. Atho'illah, meneruskan perjuangannya di Probolinggo.

Mendirikan Pesantren

KH. Jauhari memulai nasyrul ilmi dengan membantu mengajar di Langgar Waqaf Kiai Sholihin, disamping membuka pengajian sendiri di ndalem. Kemudian berdirilah Pondok Pesantren As-Sunniyyah.

Peranan di Nahdlatul Ulama (NU)

Satu tahun setelah NU didirikan, di Kencong sudah berjalan pengajian-pengajian NU yang dimotori oleh KH. Zein. Setelah beberapa tahun NU Kencong berstatus ranting, melalui perjuangan dan perjalanan yang melelahkan, pada tanggal, 16 Rajab 1356 H./21 September 1937 M. Cabang NU Kencong berdiri, membawahi seluruh wilayah kawedanan Puger, melalui keputusan Hoofd Bertuur Nahdlatoel Oelama (HBNO) yang berkedudukan di Surabaya.

Dalam konperensi Cabang NU Kencong tahun 1950 yang diselenggarakan di Pesantren KH. Abdullah Yaqin, Mlokorejo, KH. Jauhari terpilih menjadi Rais Syuriah PCNU Kencong pertama kali setelah Indonesia Merdeka secara de facto dan de Jure, menggantikan KH. Abd. Kholiq. Inilah salah satu kiprah KH. Jauhari dalam organisasi keagamaan terbesar di Indonesia ini.

Loyalias KH. Jauhari terhadap NU beserta jajaran pengurus atasannya tidak diragukan sama sekali. Beliau aktif dalam kegiatan-kegitan NU. Namun, karakter beliau yang mutasyaddid (keras) menyatakan keluar dari NU, setelah Muktamar Nasional NU di Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Situbondo, yang kala itu diasuh KH. As'ad Syamsul Arifin, menetapkan Pancasila sebagai asas NU. Argumentasi KH. Ahmad Shidiq yang ahli diplomasi, tidak mampu meluluhkan hati beliau.

Kisah

Ketika mondok di Pesantren Kasingan, Rembang,  yang di asuh oleh KH. Chalil, beliau pernah di-ta'zir nguras peceren, karena tidak mampu menjawab pertanyaan kiainya. Ta'zir inilah yang mendorong beliau lebih tekun belajar disertai riadlah. Hingga pada suatu saat, beliau diberi futuh oleh Allah untuk memahami apapun yang ia pelajari, bahkan meski sedang tidur saat pengajian.

Sumber: Disarikan dari buku "KH. Jauhari Zawawi, Pengelana, Pejuang, Da'i Yang Mukhlis dan Konsis"

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Jauhari Zawawi dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 04 Januari 2021, dan terakhir diedit tanggal 05 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya