Pesantren Darunnajah Banjarnegara

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darunnajah Banjarnegara

PROFIL

Pondok Pesantren Darunnajah Banjarkulon Banjarmangu Banjarnegara didirikan oleh KH. Muhammad Iqbal 'Amar, selain pesantren saat ini telah ada pendidikan formalnya yaitu SMP Islam Darunnajah dan SMK Darunnajah dengan program keahlian/jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Broadcasting Televisi dan Radio. Pendidikan dan pembinaan santri Pondok Pesantren Darunnajah dilaksanakan selama 24 jam dalam kurun waktu selama santri berada di Pondok Pesantren Darunnajah.

Adapun kurikulum pada kegiatan pendidikan formal disesuaikan dengan kurikulum Depag untuk jenjang pendidikan tingkat SMP, SMK Darunnajah dengan spesifikasi keagamaan serta kurikulum Depdiknas dengan spesifikasi umum, untuk tingkat SMK dengan Program keahlian/Jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Broadcasting Radio & Televisi.

Dalam rangka membentuk karakteristik santri Pondok Pesantren Darunnajah, maka perlu ada penanaman doktrin yang ditanamkan melalui kurikulum pada pelajaran lokal tentang doktrin. Kegiatan ini dilakukan pada kegiatan ekstra maupun intra pada pendidikan formal maupun kegiatan kepesantrenan. Materi dotrin disesuaikan dengan jenjang pendidikan pada masing-masing lembaga.

Sejarah

Pesantren Darunnajah dirintis oleh KH. Muhammad Iqbal ‘Amar. Pada awalnya beliau sibuk bekerja dari hari senin sampai hari sabtu, pulang hanya sehari. Lalu suatu hari beliau sowan ke ndalem KH. Ibrahim pengasuh pesantren Roudlotutholibin Wathulab desa Jawar, Mojo Tengah, Wonosobo yang dulunya beliau belajar dan nyantri disitu. Beliau mendapat pertanyaan dari mbah Ibrahim kala itu, “kapan mulai ngaji?”, yang mana pertanyaan itu tersirat amanat untuk perlahan memulai mengajar ilmu agama dan mendirikan pesantren.

Kemudian pada tanggal 21 Februari 1996/ 2 Sayawal 1416 berdirilah pesantren Darunnajah yang dirintis oleh KH. Muhammad Iqbal Amar yang kala itu belum mempunyai asrama khusus untuk menampung santri-santri yang ingin mengaji, dan pelaksanaan pengajian dilaksanakan dirumah beliau yaitu Banjarkulon karena bu nyai Hj. Titi Maslahah merupakan pribumi Banjarkulon dan diberi tanah seluas 200 m2 dari mertua.

Diberi nama pesantren Darunnajah karena sesuai dengan harapan pengasuh yang mana Darunnajah terdiri dari kata daarun yang artinya rumah, kampung, atau negara. Dan najaahun yang berarti sukses atau selamat. Jadi Daarunnajah mempunyai makna rumah selamat atau rumah
sukses.

Pesantren Darunnajah menerapkan kurikulum kitab kuning seperti pondok Roudlotutholibin Wathulab Jawar, Mojo Tengah, Wonosobo tempat pengasuh menimba ilmu. Sedangkan untuk keilmuan dan kegiatan yang lain yang bersifat baru, pengasuh dibantu oleh putra putri, menantu, serta ustadz dan ustadzah dalam melestarikan Islam dan kualitas umatnya. Kemudian pada tahun 2000 KH. Muhammad Iqbal Amar mendapatkan tanah wakaf dari mbah Kosim warga Banjarkulon, tanah yang diwakafkan berbentuk kebun yang diperuntukan untuk pembangunan pesantren seluas 400 m2 yang mana tanah tersebut untuk pembangunan pondok (asrama) putra.

Pada tahun 2004 pesantren Darunnajah mendirikan SMK darunnajah yang berada di samping pondok putra. Kemudian pada tahun 2008 pesantren Darunnajah mendirikan SMP Darunnajah yang awalnya berada di sebelah timur pondok putri. Pondok putri terletak dibelakang ndalem pengasuh dengan membeli tanah warga sekitar untuk perluasan pembangunan.

Pendiri dan Pengasuh
KH. Muhammad Iqbal 'Amar

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal
1. SMP Islam Darunnajah 
2. SMK Darunnajah

Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Qur’an/TPQ
2. Madrasah Diniyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Darunnajah memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5.Seni Musik
6. Khitobah
7. PMR
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10. English Club
11. Jet Kundo
12. Bahasa Arab
13. Memanah
 


Santri sedang haflah Al Qur'an di pesantren Darunnajah


Para santri yang juga siswa SMK Darunnajah sedang Ekstrakurikuler Multimedia di pesantren Darunnajah

FASILITAS

Pesantren Darunnajah memiliki fasilitas, meliputi :
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Kantor
13. Posko Kesehatan 


Gedung Sekolah di pesantren Darunnajah


Laborartorium Komputer di pesantren Darunnajah

ALAMAT

Desa Banjarkulon RT 06 RW 01, Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah
Kode Pos :  53452
Email : pondokdarunnajah18@gmail.com
Telepon: (0286) 5986-739



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.