Panti Asuhan Al Hikmah Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Al Hikmah Sleman

Profil
Panti Asuhan Al-Hikmah Cangkringan ini berdiri pada tanggal 1 Januari 2004 yang berjumlah satu unit Gedung yang terdapat di RT 04 RW 030. Di atas pimpinan Drs Suharna, M. Si sekaligus pengelola di panti tersebut. Panti Asuhan Al-Hikmah Cangkringan terletak di kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian pada tahun 2004 dan 2013 terjadilah pengembangan Gedung yang bertempat di RT 03 ada sebuah keluarga yang berkenan menyumbangkan sebagian hartanya pendirinya bernama Ir. Raja Rahardian yang berasal dari Bantul Yogyakarta dan Ibu Liontin beliau merupakan istrinya yang berasal dari Belanda. Panti asuhan tersebut kemudian dinamai denga Huize Zusse Visser. Beliau menyumbangkan Gedung tersebut berjumlah 2 unit Gedung, yaitu sebelah timur diperuntukkan oleh anak asuh laki-laki dan sebelah barat untuk anak asuh perempuan .

Panti tersebut mengasuh anak dengan jumlah yang banyak diantaranya yaitu, dari keluarga fakir miskin, yatim piatu, yatim maupun piatu. Tetapi seiring berjalannya waktu, Panti tersebut dapat mengasuh anak dari keluarga yang tidak mampu. Adapun yang di dalam panti tersebut yaitu, anak laki-laki dan perempuan dari anakanak sampai dewasa.

Visi, Misi dan Tujuan Panti Asuhan Al-Hikmah Cangkringan
Visi
Terwujudnya anak yang kreatif dan potensial sehingga menghasilkan anak yang memiliki jati diri, cerdas, mandiri, trampil dalam bersosialisasi dan menjadi anak yang sholeh-sholeha berbudi pekerti luhur dan dermawan.
Misi
a. Mengupayakan peningkatan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya memberikan layanan Pendidikan bagi anak yatim, piatu serta anak yang tergolong “Dhuafa”.
b. Mendidik anak untuk memiliki kemampuan kreatif, cerdas, sehat, dan muda beradaptasipeka terhadap lingkungan sekitar serta berbudi pekerti yang luhur.
Tujuan
a. Memberikan pengasuhan, perawatan, Pendidikan dan pembinaan kesejahteraan pada anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu selama anak belum mampu untuk mandiri dalam menjalankan kehidupanya.
b. Membantu meletakan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkunganya.
c. Membantu pemerintah dalam upaya penanganan anak terlantar dan kurang mampu.
d. Membantu pemerintah dalam penyelenggaraan Pendidikan dan pembinaan pada anak sejak kecil. Hal tersebut didukung oleh pemaparan “SA” selaku pimpinan yang mengemukakan bahwa : “ Panti Asuhan Al-Hikmah sejalan didirikan untuk membantu umat.

Pengurus Panti Asuhan Al-Hikmah Cangkringan 
1. Ketua: Drs. Suharna, M. Si Wakil Ketua Sungkono, Amd.
2. Sekretaris: Anisa Septiana
3. Bendahara: Sungkono, Amd.
4. Pengasuh: Astomo Arbi S. Pd, Akbar Setiawan, Agung Nugroho, Mawarti, Fajar Kurniasari
5. Seksi Masak: Kunaryati, Rasillah, Murjinah

Sarana dan Prasarana
1. Asrama
2. Kamar Tidur 
3. Kamar Mandi 
4. Dapur 
5. Masjid 
6. Transportasi Mobil
7. Transportasi Motor 
8. Perpustakaan
9. Gudang 
10. Lapangan bermain 
11. Kandang Sapi

Kegiatan Anak Asuh Panti Asuhan Al-Hikmah Cangringan 
1. 17.55 – 18.15 Sholat Magrib
2. 18.15 – 18.30 Kultum
3. 18.30 – 19.05 Qiroah
4. 19.05 - 19.20 Sholat Isya
5. 19.20 – 19.40 Makan malam
6. 19.40 – 21.00 Belajar
7. 21.00 – 21.30 21.00 – 04.00 Istirahat
8. 04.00 – 05.00 Sholat subuh
9. 05.00 – 06.00 Hafalan surah pendek
10. 06.15 Apel pagi

Alamat
RT 04 RW 030 Wukirsari, Cangkringan, Plosokarep, Umbulharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
RT 03 RW 030 Plupuh, Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Kode Pos: 55583