TK Islam Al Muhajir Bandung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TK Islam Al Muhajir Bandung

Profil
TK Islam Al Muhajir didirikan berawal karena adanya kebutuhan sarana pendidikan dilingkungan  RW. 08 sekarang RW. 02 Kel. Sekejati Kec. Buah Batu Kota Bandung terutama dalam pengembangan pendidikan agama islam, oleh karena itu atas prakarsa pengurus DKM, pengurus RW. beserta Warga RW. 02 bekerja sama untuk mendirikan bangunan diatas tanah seluas +/- 236 M2 disamping Masjid Al Muhajir, dibangunlah bangunan 2 lantai dengan terdiri dari 2 ruang belajar dan 1 ruang kepala sekolah beserta guru.

Setelah melalui waktu yang panjang akhirnya pembangunan bangunan 2 lantai selesai, mulai dibuka awal pendaftaran siswa baru pada tahun pelajaran 1998/1999 dengan menerima siswa sebanyak +/- 25 anak dibimbing oleh 2 orang guru dan 1 kepala sekolah dengan dikelola oleh DKM Al Muhajir dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2003.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 2000 karena tuntutan peraturan pemerintah dan kebutuhan penanganan TK yang lebih profesional maka didirikanlah Yayasan dengan nama Al Muhajir serta berganti nama dengan Yayasan Al Muhajir As Shofi dan berganti nama lagi dengan Yayasan Al Muhajir bandung Raya hingga sampai saat ini.

Atas usaha dan kerja keras kepala sekolah dan guru - guru serta pihak pengurus untuk menarik orang tua supaya menyekolahkan anak-anaknya ke TK Islam Al Muhajir hingga saat ini, siswa yang masuk tiap tahun terus meningkat hingga mencapai +/- 100 siswa.

Program Pendidkan TK Islam Al Muhajir
Peserta didik TK Islam Al Muhajir adalah Usia 3,5 Tahun sampai 6 Tahun. Lama Pendidikan di TK 1 sampai 2 Tahun sesuai dengan usia TK. Perpindahan kelompok atau mutasi ke jenjang berikutnya dilaksanakan apabila peserta didik telah melaksanakan program pembelajaran salama satu tahun pelajaran dan atau dianggap memiliki perkembangan sesuai dengan yang diharapkan. Bagi siswa dari Play Group melanjutkan ke kelompok A jika usia dan kecakapannya dalam belajar berdasarkan observasi guru kelas dinilai sudah cukup, siswa kelompok A melanjutkan ke kelompok B dan bagi siswa dari kelompok B melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu sekolah dasar jika usia dan kecakapannya dalam belajar berdasarkan observasi guru kelas dinilai sudah cukup.

Kurikulum TK Islam Al Muhajir telah memprogramkan pengembangan pendidikan berbasis keungulan  lokal dan global, yaitu pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan daya saing global yang dibekali dengan pengetahuan agama islam, diantaranya sebagai berikut :
1. Dalam aspek pendidikan agama islam TK Islam Al Muhajir memberikan pendidikan karakter melalui pembiasaan do'a bersama, sholat dhuha, dhuhur berjamaah, membaca iqro, membaca do'a harian , surat pendek dan manasik haji.
2. Selain itu dalam aspek seni, kami mengenalkan seni budaya sunda khususnya angklung, kawih, rampak kendang, bedug, degung, sisingaan, dan kaulinan urang lembur.
3.  Ada juga pembelajaran mulok bahasa inggris, teknologi informasi dan komunikasi melalui pembelajaran komputer.
4. Menanamkan cinta lingkungan melalui pembelajaran mulok PLH dan lain-lain.
5. Dalam menunjang aktivitas dan kreativitas siswa. TK Islam Al Muhajir memberikan pilihan ekskul untuk mengasah kemampuan dan keahlian siswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi dan kreativitas siswa dapat tersalurkan melalui kegiatan ekskul diantaranya ekskul Vokal, Tari, Sepak Bola dan menggambar.

Fasilitas & Layanan Pendidikan
1. Staf Pengajar Lululsan S1 yang berpengalaman dan kompeten dalam bidang ke TK-an
2. Fasilitas Kegiatan Belajar Mengajar
    a. Buku Paket 1 Tahun
    b. Perpustakaan Setiap Kelas
    c. Pembelajaran Komputer Interaktif
    d. Majalah Bulanan
3. Kegiatan - Kegiatan
 
   a. Program Ekstrakurikuler (Mewarnai, Tari, Vokal & Futsal)
    b. Out Bond
    c. Field Trip
    d. Pemeriksaan Gigi Berkala
    e. Psikotes
    f. Pentas Seni
4. Fasilitas Lainnya
    a. Pakaian Seragam 5 Stel
    b. Konsultasi Psikologi
    c. Parenting Class
    d.Pas Foto
5. Menyediakan Fasilitas antar jemput (Mobil Grand Max)

Ektrakurikuler
1. Bina Vokalia
2. Mewarnai
3. Seni Tari
4. Sepak Bola

Alamat
Komp.Masjid Al Muhajir, Margahayu Raya Barat Jalan Taman Jupiter Blok E II Bandung Jawa Barat
Kode Pos; 40286
Telepon: (022)753-5599