Biografi KH. Ma’shum Sufyan

 
Biografi KH. Ma’shum Sufyan
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Ma’shum Sufyan

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Mendirikan Pesantren
  6. Kiprah
  7. Chart Silsilah Sanad

 

Kelahiran

KH. Ma’shum Sufyan adalah putra pertama dari empat bersaudara, dari H. Muhammad Sufyan dengan Hj. Amnah. Beliau lahir di Desa Dukun Anyar, Gresik pada hari Sabtu Kliwon tahun 1334H/1913 M.  

Nasab silsilah KH. Ma’shum Sufyan menurut catatan sejarah nyambung sampai Joko Tingkir. Nasab beliau dimulai dari Mbah Kiai Onggoyudo (keturunan kelima dari Sultan Pajang alias Joko Tingkir).  Silsilah beliau sebagai berikut Brawijaya IV Raden Ayu Jayadiningrat, Sultan Adiwijaya/Mas Karebet (Joko Tingkir, Pangeran Benowo, Pangeran Selarong, Pangeran Kosumoyudo (Kiai Abdul Jabbar Jojokan), Kiai Abdullah Sambo, Kiai Onggoyudo, Nyai Sarimah (Sidayu), Nyai Siman, Kai Kudoleksonoa Nasli/Astro, Sa’ib, Amnah, Ma’shum Sufyan.

Wafat

KH. Ma’shum Sufyan wafat pada hari Ahad Kliwon 25 Rabiul Awwal 1411 H/14 Oktober 1990.

Keluarga

KH. Ma’shum Sufyan ketika usia menginjak 17 tahun melepasa masa lajangnya dengan menikahi Masrifah binti H. M. Rusdi. Buah dari pernikahannya dengan Nyai Masrifah, Kiai Ma’shum dikaruniai 13 keturunan.

Dari 13 orang tersebut yang masih hidup hingga ini adalah 8 orang. Adapaun 13 orang tersebut adalah Mahfud Ma’shum (alm), Ma’mun Ma’shum (alm), Mahfudz Ma’shum, Sakinah Ma’shum (almh), Afif Ma’shum; Robbach Ma’shum, Muhammad Ma’shum (alm), Sa’dan Maftuh Ma’shum, Sakinah Ma’shum, Robi’ah Ma’shum, Ahmad Mulaqqob (alm), Maziyah Ma’shum, dan Wafiroh Ma’shum.

Pendidikan

Semenjak kecil, Ma’shum Sufyan muda dikenal sebagai anak yang sangat tekun dalam belajar, terutama dalam bidang agama. Dikisahkan ketika Ma’shum Sufyan muda masih berusia sekitar 6 tahun, ia dibimbing mengaji oleh kakeknya sendiri yang bernama Kiai Amari yang terkenal mahir dalam membaca al-Qur’an.

Ma’shum Sufyan muda melanjutkan pendidikanya dengan sekolah di Madrasah Islamiyah yang didirikan oleh pengasuh Pondok Pesantren Maskumambang, Dukun, Gresik, KH. Faqih Abdul Jabbar.

Setelah selesai sekolah formal, Ma’shum muda melanjutkan untuk menghafal al-Qur’an ke Pondok Pesantren Sidayu, Gresik untuk berguru kepada Mbah Kiai Munawwar. Kepada Mbah Kiai Munawwar lah Ma’shum Sufyan muda mendapatkan sanad tahfidz al-Qur’an.

Kecerdasan dan ketekunan Ma’shum Sufyan muda telah mampu menghatamkan hafalan al-Qur’an 30 juz dalam usia 12 tahun. Untuk tahsin (fashohah) dibutuhkan waktu 3 bulan. Atas dasar sifat tawadhu yang kuat, banyak para santri dan masyarakat sekitar memuji begitupun Mbah Kiai Munawwar yang turut berbangga hati mendapati murid sehebat itu. Semenjak itulah, Kiai Ma’shum diminta menetap di pondok dan mengabdi kepada Mbah Kiai Munawwar yang telah mengangkatnya sebagai asisten dalam tahfizh al-Qur’an sembari memperlancar hafalannya.

Setalah 7 bulan mengabdikan diri, Ma’shum muda melanjutkan pendidikannya ke pondok pesantrennya KH. Muhammad Sa’id di wilayah Sampang Madura. Di pondok ini, Ma’shum muda hanya menghabiskan waktu selama 3 bulan. Karena, berkat ketekunannya, waktu yang sesingkat itupun sudah dianggap cukup untuk memberikan manfaat, kemudian sowan kepada KH. Muhammad Sa’id untuk pamit pulang. Kemudian, belajar kembali kepada KH. Faqih Abdul Jabbar sampai 5 tahun lamanya.

Setelah selesai belajar dengan Kiai Faqih, sekitar tahun 1950, beliau melanjutkan pendidikanya ke Jawa Tengah, tepatnya di daerah Rembang untuk berguru kepada Mbah Kiai Cholil, Pengasuh Pondok Pesantren Kasingan Rembang. Kedatangan Kiai Ma’shum di pondok tersebut bersamaan dengan datangnya seorang pemuda yang bernama Kiai Mahrus Aly yang nantinya menjadi pemangku Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Mendirikan Pesantren

Pondok Pesantren Ihyaul Ulum bukanlah pondok pesantren pertama dan satu-satunya di Kabupaten Gresik khususnya di Kecamatan Dukun. Sebab jauh sebelumnya telah berdiri Pondok Pesantren Maskumambang yang didirikan oleh ulama kharismatik sekaligus gurunya bernama KH. Faqih Abdul Jabbar.

Selain itu, telah berdiri juga pondok pesantren yang diasuh oleh KH. Ahyat yang tak lain adalah paman dari Kiai Ma’shum Sufyan. Di pesantren yang diasuh oleh KH. Ahyat inilah, Kiai Ma’shum ketika masih muda mendarma baktikan ilmunya dan sorenya beliau menuntut ilmu kepada Kiai Faqih.

Pada tahun 1942, wilayah Dukun terkena musibah banjir bandang yang menyebabkan pondok pesantren KH. Ahyat perkembangannya menurun. Dan, setelah wafatnya KH. Ahyat, pondok pesantrennya tidak lagi berkembang karena tidak ada yang meneruskan. Begitu halnya dengan Pondok Pesantren Maskumambang, setelah wafatnya Kiai Faqih, estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya yang bernama Kiai Amar Faqih.

Melihat merosotnya lembaga pendidikan di daerahnya, Kiai Ma’shum tak bisa tinggal diam. Terlebih dirinya pernah melanjutkan kepemimpinan di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum.

Kiai Ma’shum mulai mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam di rumahnya sendiri karena kebetulan rumah beliau sangat besar dan bertingkat. Rumah yang terbuat dari kayu jati. Kegiatan belajar-mengajar pun dilaksanakan di bagian atas rumah sekaligus menjadi asrama santri.

Seiring berjalannya waktu, perjuangan Kiai Ma’shum mengalami kemajuan pesat. Banyak orang berdatangan untuk menimba ilmu kepadanya. Karena rumah yang dijadikan tempat belajar sudah tidak muat, membuat mertua beliau (H. Rusdi) membelikan rumah. Rumah tersebut akan digunakan untuk menampung para santri. Dengan bantuan masyarakat, dibangunlah sebuah pondok pesantren pada tanggal 1 Januari 1951 yang diberi nama Pondok Pesantren Ihyaul Ulum (PPIU).

Nama “Ihyaul Ulum” sendiri merupakan inisiasi dari Kiai Ma’shum sendiri. Sebagaimana tujuan didirikannya, pondok pesantren yang baru didirikan ini semata-mata ingin menghidupkan kembali pengajaran dan pendidikan ilmu-ilmu agama di wilayah Dukun.

Di samping itu, nama “Ihyaul Ulum” diambil dari kitab favorit beliau karangan Hujjatul Islam Imam Muhammad Abu Hamid Al-Ghozali berjudul “Ihyaulumuddin”. Cita-cita luhur ini mendapat sambutan serta dukungan dari masyarakat. Wujud dukungan tersebut berupa mempercayakan putra-putrinya untuk dididik di pondok pesantren yang baru didirikan tersebut.

Tak berhenti mendirikan pondok pesantren saja, komitmen Kiai Ma’shum untuk pendidikan agama menuntunnya untuk mendirikan Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 1955. Sejak saat itulah pondok pesantren ini dikenalkan dengan sekolah formal.

Suatu ketika, terjadilah pertentangan atau khilafiyah yang mengakibatkan adanya perpecahan antar umat Islam dan permusuhan sesama teman bahkan saling mengkafirkan. Begitu juga di wilayah Dukun. Badai khilafiyah tersebut berupa G30/S PKI.

Di tengah gejolak khilafiyah tersebut, banyak masyarakat yang bingung dan resah. Begitu pula dengan para wali santri yang tidak sefaham dengan apa yang diajarkan di Pesantren Maskumambang sampai pada akhirnya mereka menarik kembali putri-putri mereka.

Akibatnya, banyak kader muslimah yang menganggur dan tidak meneruskan sekolah. Peristiwa tersebut terjadi setelah wafatnya Kiai Amar Faqih.

Situasi demikian mendorong Kiai Mahfduz Ma’shum (putra tertua) mendirikan pondok pesantren khusus putri pada tahun 1965, atas restu dari Kiai Ma’shum Sufyan. Peminatnya pun tak pernah surut.

Sehingga mengharuskan untuk mendirikan jenjang pendidikan formal berupa Madrasah Tsanawiyah pada tahun 1960 yang dipimpin oleh Kiai Ma’shum sendiri.

Dan, 5 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1965 didirikan lagi Madrasah Aliyah pada di bawah pimpinan Kiai Mahfudz Ma’shum. Adapun metode yang di ajarkan di pondok pesantren ini seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, yaitu weton dan sorogan. Kiai Ma’shum mengajar santri-santrinya ba’da ashar dengan mengaji kitab Riyadus Sholihin sedangkan ba’da maghrib mengaji kitab Alfiyah Ibn Malik.

Kiprah

Sepanjang perjalanan hidup, KH. Ma’shum Sufyan dikenal sebagai sosok kiai yang berkecimpung dalam Nahdhatul Ulama dan patut dijadikan cermin kehidupan. Kepribadian beliau sangat sederhana, berwawasan luas, istiqomah dalam beribadah dan konsisten mendidik santri.

Kiai Ma’shum Sofyan adalah seorang kiai yang sangat tinggi kepeduliannya terhadap bangsa dan negara. Pada zaman perjuangan kemerdekaan, beliau termasuk pejuang yang gigih di daerahnya bahkan terkenal ahli strategi perang di kalangan teman-teman dan masyarakatnya.

Satu di antara strategi yang pernah dilakukan dalam perang kemerdekaan Indonesia adalah “untuk mempertahankan dan melindungi wilayah Dukun dari kehancuran akibat peperangan, maka semua pejuang harus mempertahankan daerah Dukun di luar perbatasan.”

Sebagai seorang kiai pemimpin pesantren, Kiai Ma’shum bukan hanya sebagai guru agama yang pintar dalam balaghoh maupun tafsir, namun juga sebagai guru keteladanan masyarakat. Oleh karenanya berbagai masalah kehidupan oleh masyarakat ditanyakan kepada beliau.

Nasehat Kiai Ma’shum Sufyan yang selalu disampaikan kepada santri-santrinya adalah “jadikan dirimu bagaikan beras” artinya setiap hari selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Kalau tidak bisa jadi beras, “jadikan dirimu sebagai obat” artinya walaupun tidak dibutuhkan setiap hari, kadang-kadang dibutuhkan. ”jangan sekali-kali menjadikan dirimu seperti binatang kala” artinya selalu ditakuti karena bahayanya.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Ma’shum Sufyan dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 10 September 2020, dan terakhir diedit tanggal 05 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya