Tak Bersemangat Melakukan Apapun, Bagaimana Sebaiknya?

 
Tak Bersemangat Melakukan Apapun, Bagaimana Sebaiknya?

Assalamu’alaikum wr wb
Mbak Nur, perkenalkan nama saya I (cowok) dari Surabaya. Saat ini umur saya 22 tahun dan sedang menempuh pendidikan tingkat akhir di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Fakultas  Teknik Sipil. Awalnya saya sangat bersemangat kuliah karena saya memang berminat di jurusan Teknik Sipil apalagi di PTN Favorit. Namun, akhir-akhir ini saya merasa hilang semangat, saya menghindari tugas, cenderung melambat- lambatkan tugas, dan sepertinya tidak ada motivasi dari dalam diri saya.

Baca juga: Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

Bahkan, saya kadang-kadang cenderung melukai diri sendiri dengan sengaja tidak makan seharian, menyalahkan diri sendiri, dan merasa tidak ada yang menyayangi saya, saya juga susah tidur di malam hari.
Saat ini saya ngekos karena orang tua berada di kampung, sehingga di sekeliling saya hanya ada teman-teman kampus dan teman kos. Menurut saya mereka tidak mempedulikan keberadaan saya, sehingga saya merasa sendiri.

Baca juga: Sering Berbicara Sendiri, Anehkah?

Hal ini membuat saya menghindari bersosialisasi dengan teman-teman dan lebih suka mengurung diri di kamar.
Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ? Saya ingin segera menyelesaikan kuliah dan bekerja sehingga dapat membanggakan kedua orang tua saya di kampung dan memiliki kehidupan yang normal penuh semangat.
Wassalamu’alaikum wr wb.
I di Surabaya

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb
Halo I, terima kasih sudah berkonsultasi di rubrik konsultasi siap nikah umur 25 tahun dengan senang hati mbak Nur membantu. I yang baik, sudah tepat langkahmu untuk berkonsultasi dan mencari solusi terbaik. Berdasarkan gejala yang kamu ceritakan, saat ini kamu mengarah pada kondisi depresi. Depresi merupakan gangguan kesehatan mental berupa perubahan suasana hati yang dapat mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang. Gejala-gejala tersebut biasanya berlangsung selama 2 minggu.

Baca juga: Termasuk People Pleaserkah Saya, Bagaimana Mengatasinya?

Cara memastikan kamu terkena depresi atau tidak, sebaiknya I  berkonsultasi langsung dengan psikolog atau  psikiater untuk mendapatkan terapi yang tepat. Sangat penting untuk menggali penyebab munculnya gejala depresi yang saat ini kamu alami, dimana penyebab munculnya gejala tersebut tidak kamu ceritakan di sini.

I yang baik, setiap orang membutuhkan support system yaitu dukungan sosial atau lingkaran sosial yang berada di sekelilingmu. Support system biasanya adalah keluarga dan teman-teman terdekatmu. Memiliki support system yang kuat dapat membantu kita melewati masa-masa sulit, mengambil keputusan, membantu melewati stress, dan meningkatkan motivasi.

Baca juga: Risih Sering Ditanya kapan Nikah

Nah, jika kamu merasa saat ini keluargamu jauh dan kamu tidak ingin mereka terbebani masalahmu, maka cukuplah kamu minta doa dari kedua orang tua, kakek nenek dan saudara-saudaramu. Percayalah doa orang-orang yang menyayangimu akan membuatmu lebih tenang. Kamu juga harus mulai berpikir positif tentang teman-temanmu baik teman satu kos atau teman satu kampus. Mbak Nur yakin, pasti teman-temanmu akan baik jika kamu juga baik dan mau membuka dirimu.

Baca juga: Konsultasi Psikologi: Kenapa Anakku Tiba-tiba Marah?

Hal yang harus kita ingat adalah, kita tidak bisa bergantung pada orang lain untuk mengubah hidup kita. Semua harus diawali dari diri kita sendiri untuk berubah ke arah yang lebih baik. Diawali dengan langkah kecil, misalnya memaafkan dan berdamai dengan masa lalu kita selanjutnya membuka diri kita terhadap kehadiran teman-teman kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Okay I, semoga dapat membantu ya. Serahkanlah semua pada Allah, sambil terus berusaha memperbaiki diri kita, in sya Allah akan mendapatkan petunjuk yang baik.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun