Semua dalam Kendali Tuhan

 
Semua dalam Kendali Tuhan
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap kehidupan ujiannya pasti ada, semua orang pernah mengalaminya. Kesedihan, kekecewaan, kehilangan orang dicintai, kesulitan keuangan, difitnah, dihina, dikhianati serta dimanfaatkan dengan orang yang selama ini kita bantu. Tentu hal tersebut membuat kita merasa tidak terima, dari dalam lubuk hati terus menolak apa yang sudah  terjadi.

Setelah melewati ujian tersebut, kita harus yakin bahwa semuanya akan berlalu dan baik-baik saja, karena kita sadar bahwa tidak semua yang diharapkan dapat berjalan sesuai apa yang kita inginkan. Marah, kesal, sedih, itu luapan emosi yang wajar. Asal  jangan terperangkap di dalamnya, dengan berlarut-larut dalam situasi itu.

Kita harus sadar dan yakin apa yang sedang kita alami dalam setiap kehidupan kita, bukanlah sebuah hukuman, melainkan sebuah kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kita harus percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita semua dalam kendali Tuhan, semua yang buruk akan hilang digantikan dengan segala kebaikan. Tuhan sedang mempersiapkan, menguatkan dan membentuk kita menjadi pribadi yang jauh lebih hebat dengan kehidupan yang jauh lebih baik.

Belajarlah untuk melupakan tetapi terus belajar dan melihat kedepan, jadikan semuanya pembelajaran. Maafkanlah orang-orang yang sudah melukai, terutama memaafkan diri sendiri. Tidak perlu mengeluh dengan apa yang sudah terjadi, karena segala yang hilang akan digantikan dengan yang jauh lebih baik.

Jangan biarkan diri kita larut dalam kesedihan. Tetap tegar dan melangkah dengan kesabaran. Tetap tersenyum dalam ketulusan dan bersyukur di saat sulit sekalipun. Karena di dalam kehidupan ini, kita tidak dituntut untuk membuat semua orang percaya ataupun memberi penilaian baik kepada kita.

Lakukanlah segala kebaikan dengan versi terbaik kita. Apapun hasilnya, persiapkan masa depan dengan baik. Sebab, di saat yang bersamaan Tuhan akan memperbaiki nasib kita dan mempertemukan kita dengan orang-orang baik pula yang akan menemani langkah kita dalam kebaikan. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 19 September 2020. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Suntanti Idris (Founder Aoaife Social)

Editor: Hakim