Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang

Profil

Perkembangan Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah erat kaitannya dengan lestarinya Thoriqoh Shiddiqiyyah yang diajarkan Kyai Muchammad Muchtar Mu’thi sejak tahun 1959 di Losari, Ploso, Jombang. Begitu pula dengan pendidikan cinta tanah air yang diterapkan di pesantren didasarkan atas ajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah. Tujuan pendidikannya lebih berorientasi untuk membentuk manusia yang sadar beragama dan sadar bernegara. Kesadaran bernegara inilah yang dikembangkan dalam penerapan pendidikan cinta tanah air dari tahun 1973 hingga 2012. 

Berdirinya Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah adalah dengan semakin pesatnya perkembangan ajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah. Berawal dari pendirian Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah (YPS) di tahun 1973 sebagai suatu wadah formal aktifitas Thoriqoh Shiddiqiyyah, kemudian baru di tahun 1974 pesantren dapat berdiri dan mulai dikenal masyarakat luas.

Dari penelitian ini juga diperoleh kesimpulan bahwa perkembangan aktifitas pesantren dalam rangka penerapan pendidikan cinta tanah air sejalan dengan kemajuan yang di capai Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah. Ketika masa awal perkembangan pesantren di tahun 1974, pendidikan cinta tanah air telah diterapkan dengan bentuk pendidikan tradisional baik melalui pembelajaran privat, kuliah umum maupun pengajian-pengajian. Selain itu, sejak diterapkan dengan metode pembiasaan dan keteladanan dalam kehidupan keseharian santri berupa aktifitas sosial meski dalam skala kecil.

Menginjak tahun 1985, Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah merintis berdirinya lembaga pendidikan formal (sistem klasikal) di lingkungan pesantren dengan nama Tarbiyyah Hifdhul Ghulam wal Banat (THGB). Pada periode ini, sejalan dengan perkembangan yang telah dicapai pesantren pendidikan cinta tanah air dimasukkan dalam kurikulum THGB. Pendidikan cinta tanah air atau Hubbul Wathan termasuk salah satu dari 6 mata pelajaran utama yang diajarkan di THGB. THGB mengembangkan berbagai teknik dan metode guna menunjang pembelajaran pendidikan cinta tanah air.

Dalam periode ini, aktifitas social sebagai bentuk aplikasi pendidikan cinta tanah air berkembang dengan skala yang lebih luas. Sebab diterapkan pula oleh warga Shiddiqiyyah di luar pesantren, mengingat semakin tersebarnya cabang-cabang Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah di seluruh Indonesia. Untuk periode ketiga yakni tahun 1998-2012, didirikannya berbagai monument kebangsaan di lingkungan Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah. Selain sebagai simbol rasa syukur atas terciptanya negara Indonesia juga digunakan sebagai media pendidikan cinta tanah air untuk para santri.

Dalam periode ini pula, akifitas sosial dalam rangka peringatan syukuran nikmat kemerdekaan dan tasyakuran hari Sumpah Pemuda semakin berkembang baik dalam segi kualitas, kuantitas maupun jangkauan. Dengan didirikannya DHIBRA dan OPSHID sejak tahun 2001 sebagai organisasi masyarakat yang mengemban misi sosial dan jiwai manunggalnya keimanan dan kemanusiaan.

Pendidikan cinta tanah air juga dikembangkan di luar pesantren dalam bentuk seminar, pendirian organisasi lintas agama (PCTAI), Taman Pendidikan Al-Qur’an yang dikombinasikan dengan pendidikan cinta tanah air dengan nama BTQ (Bustanuts Tsamrotul Qolbis Salim) dan pendirian pesantren Hubbul Wathan Minal Iman yang selesai dibangun tahun 2012. Komitmen pesantren untuk tetap melestarikan cinta tanah air juga disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi bangsa terutama yang berkaitan dengan masalah keutuhan NKRI.

Pengasuh
1. KH. Muchammad Muchtar Muchti 
2. Nyai Hj. Shofwatul Ummah

Pendidikan 

THGB didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 7.242 m2, dengan luas bangunan kurang lebih 1.518 m2. Jumlah tenaga pendidik seluruhnya 76 orang. Fasilitas yang tersedia meliputi ruang belajar mengajar, ruang guru, ruang perpustakaan,kantin, lapangan olahraga, asrama putra dan asrama putri, masjid/ mushola, koperasi, ruang UKS, ruang konseling, ruang administrasi dan

THGB didirikan sebagai lembaga pendidikan yang mnegutamakan bekal keilmuan kepada putra-putri warga Shiddiqiyyah sebagai berlian hidup, berlian berfikir yang menyinari Nusantara agar menjadi hamba Alloh yang bersyukur (abdan syakuro).

Dalam perkembangannya, THGB sebagai lembaga pendidikan memiliki jenjang sebagai berikut :
1. Isti’dadu lil Bustanil Ula (setingkat taman kanak-kanak) dengan masa pendidikan 1 tahun
2. Bustanul Ula (setingkat sekolah dasar) dengan masa pendidikan 4 tahun
3. Bustanuts Tsani (setingkat sekolah menengah) dengan masa pendidikan 4 tahun
4. Bustanuts Tsalist (setingkat sekolah menengah atas) dengan masa pendidikan 4 tahun 5. Isti’dadul lill Maqooshidul Qur’an (persiapan Maqooshidul Qur’an atau
IMQ) setara D2 terdiri dari 2 (dua) fakultas yaitu fakultas Keguruan dan fakultas Manajemen. Pelajaran inti yang diterima oleh para mahasiswa di kedua fakultas tersebut adalah mata kuliah maqooshidul Qur’an (maksud-maksud Al Qur’an) yang diberikan oleh bapak Kyai Moch. Muchtar Mu’thi.

Pendidikan non Formal
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Thoriqoh Shiddiqiyyah
4. Pengajian
5. Majelis Taklim

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara, Seni Tari
5. Drumb Band
6.Khitobah
7.Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10.Kegiatan pengembangan bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang
11. Paskibra
12. PMR
13. Pengembangan Olahraga: Voli, Basket, Futsal, Silat
14. Pengembangan Usaha/Liffe Skill
15.Thariqat


Haflah Qur'an santri Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang

 


Seni Tari diperagakan oleh santri Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Asrama
2. Aula
3. Gedung Sekolah
4. Laboratorium Bahasa
5. Laboratorium Komputer
6. Perpustakaan
7. Ruang UKS
8. Lapangan Olahraga
9. Kantor
10. Gudang


Masjid di Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang



Gedung Sekolah di Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Waton minal Iman Shiddiqiyyah Jombang

Alamat
Jl.Raya Ploso Babat, Ds. Losari Kec.Ploso, Kab Jombang Jawa Timur
Kode Pos: 61453
Telepon:  0321-884114
Faks : 0321-889526

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

KUNJUNGI JUGA

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.