Mengapa Shalat Jenazah tidak Memerlukan Ruku' dan Sujud ?

 
Mengapa Shalat Jenazah tidak Memerlukan Ruku' dan Sujud ?

Pertanyaan

Kenapa dalam shalat jenazah tidak ada ruku' dan sujud?

Jawaban

Berkenaan dengan shalat janazah, mengapa tidak ada ruku' dan sujudnya? Hal ini berdasarkan hadist Nabi SAW, yang diriwayatkan Imam Bukhori (hadist no. 1188) dan Imam Muslim (hadist no. 951), yang diterangkan dalam kitab at Tadzhib halaman 85: 

رَوَى البُخَارِى (1188) وَمُسْلِمٍ (951) عَنْ أبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم نَعَى النَّجَاشِيَّ فِى اليَومِ الَّذِى مَاتَ فِيْهِ خَرَجَ إلَى المُصَلَّى فَصَفَّ بِهِمْ وَكَبَّرَ أرْبَعًا. التَذْهِيب ص

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Sesungguhnya Rasulullah SAW memberi kabar kematian Najasyi pada hari di mana Najasyi meninggal dunia. Nabi pergi ke Musholla/Masjid kemudian membuat shaf dengan para sahabat yang akan shalat janazah (ghaib), dan Nabi bertakbir sebanyak empat kali.

Dari hadist tersebut dapat diambil kesimpulan dan pedoman bahwa shalat jenazah itu memang tidak ada ruku' dan sujudnya. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi. Mengapa tidak ada ruku' dan sujudnya? Allahu a'lam.

Namun bisa jadi mengingat shalat lima waktu adalah bagian dari penghormatan kepada Khaliq, sementara shalat jenazah merupakan penghormatan untuk orang yang meninggal. Disamping itu seandainya ada ruku’ dan sujudnya sementara janazah ditempatkan di depan orang yang shalat, jangan-jangan disalahartikan sebagai penyembahan kepada orang yang mati. Bukankah kemakruhan shalat saat matahari terbit dan terbenam juga dengan alasan menghindari penyembahan kepada matahari?.

 

 

 

Sumber : Buku KYAI MASDUQI MENJAWAB, Tanya Jawab Hukum Islam Bersama KH. Achmad Masduqi Mahfudh

 

 

KUNJUNGI JUGA