Pesantren Modern Al Azhary Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Modern Al Azhary Banyumas
Sumber Gambar: Istimewa

Profil

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Azhary dirintis tanggal 24 November 1946 dengan menekankan pengajaran  dan pendidikan  hafalan Al-Quran. Pola  yang dikembangkan masih bersifat tradisional dimana seorang santri menghafal Al-Qur’an  dan “menyetorkan” hasil  hafalan per halaman pada pengasuh.
 
Dari tahun 1950 hingga sekarang sudah ratusan santri  yang pernah belajar  kepada beliau. Murid-murid  beliau  datang dari berbagai  wilayah di Indonesia dan bahkan dari negeri “Jiran” Malaysia yang sekarang menjadi salah satu Imam Masjid di negara bagian Selangor  Malaysia.

Melalui Yayasan Aji Yumika, putra putri Almarhum yang dipelopori oleh Drs. KH. Slamet Effendy Yusuf, M.Si, berhasil mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) Modern (Islamic Boarding School) Al-Azhary. Pada saat ini sedang dalam persiapan pengembangan SMK dan Universittas.

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Azhary berlokasi di Jalan Pancurendang No. 15 Lesmana, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Sejarah

Pesantren Modern AL Azhary Ajibarang adalah Pesantren Modern yang memiliki 3 keunggulan yaitu “Al Qur’an Bahasa dan Teknologi“. d ibawah naungan Yayasan Aji Yumika yang didirikan Oleh (alm) Bapak Slamet Efendy Yusuf, M Si pada tahun 2012, yang sebelumnya adalah pondok pesantren tahfidzul Qur’an yang didirikan oleh KH. Yusuf Azhary Al Hafidz.
KH. Slamet Effendy Yusuf,M.Si

Sebelum pesantren berdiri, sejak tahun 1950-an, di lingkungan masyarakat sekitar pesantren telah ada lembaga pengajian Al Qur’an. Kegiatan ini bersifat sangat sederhana. Namun demikian karena ketekunan dan keikhlasan dalam pengelolaannya, lembaga pengajian itu diminati oleh masyarakat dan ratusan santri telah menjadi alumni dari kegiatan ini.

Pada tahap awal yayasan telah menyelenggarakan pendidikan berupa pesantren Tahfidzul Qur’an. Fokus dari pesantren adalah menghasilkan santri yang memiliki kompetensi hafal Al Qur’an. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran yang terjadi di lingkungan pesantren adalah pembelajaran ilmu Al Qur’an.
Pondok pesantren yang akan dikembangkan berlokasi di Karang Cengis Lesmana, Kec. Ajibarang, Banyumas Jawa Tengah. Secara geografis, lokasi pengembangan berada di daerah yang strategis karena dilalui oleh kendaraan umum dari Jakarta menuju Purwokerto dan terus ke daerah-daerah lain di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Jogjakarta. Di samping itu, jalan ini juga dilalui oleh kendaraan angkutan lokal, sehingga memudahkan bagi masyarakat sekitar untuk menjangkau lokasi pesantren. Secara umum, mata pencaharian masyarakat di sekitar lokasi pesantren adalah petani, pengrajin, pegawai negeri, dan pedagang.
KH Yusuf Azhary

Lokasi pesantren di kecamatan Ajibarang merupakan bagian dari Kabupaten Banyumas yang beribukota di Purwokerto. Kota Purwokerto saat ini telah berkembang menjadi kota jasa, perdagangan, dan pendidikan. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan pedagang tingkat grosir, retail hingga toko-toko kelontong, tersedianya lembaga jasa dan pelayanan umum seperti angkutan kota dan luar kota. Perkembangan di bidang pendidikan, juga ditandai munculnya sekolah-sekolah unggulan baik yang berstandar propinsi maupun standar lokal. Di tingkat universitas Purwokerto juga berkembang dengan baik. Beberapa perguruan tinggi yang ada di sini, antara lain: Universitas Jendral Sudirman (Unsoed), STAIN Purwokerto, Univ. Muhammadiyah, Akademik Telkom dll.

Pendiri
KH. Yusuf Azhary Al Hafidz

Pengasuh
KH. Yusuf Azhary
Drs. KH. Slamet Effendy Yusuf, M.Si

Pendidikan

Sistem pembelajaran terpadu yang berorientasi pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan berbasis Al-Quran, Bahasa Asing (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin), serta Teknologi Informatika. Dengan demikian, alumni Madrasah Modern (Islamic Boarding School) Al-Azhary diharapkan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi manusia yang memiliki kemampuan profesional di bidang ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya sehingga dapat berkiprah dalam lingkup nasional bahkan internasional.

Pendidikan Formal  
1. MI
2. MTs
3. MA

Pendidikan non Formal
1.  Tahfidzul Qur'an
2.  Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Pesantren Modern Al Azhary yanng bisa diikuti santri antara lain:

Ekstrakurikuler Pesantren
1. Tahfidzul Qur'an
2. Sholat Fardhu Berjama'ah
3. Sholat Sunnah
4. Pembelajaran Kitab kuning
5. Nadzoman
6. Tadarus
7. Muhadharah
8. Maulidan/Shalawat
9. Ziarah
10. Karate
11. Pengembangan Bahasa
12. Khitobah
13. Ro'an

Ekstrakurikuler Sekolah/Madrasah :
1. Pramuka
2. PMR
3. KIR
4. Jurnaistik
5. Seni Tari
6. Atletik
7. Sholat Tahajud.
8. Karate
9.Sepakbola
10. Hadrah/Rebana
11. Kaligrafi
12. OSN
13. Life Skill : Budidaya Ikan Air Tawar, Bercocok Tanam, Tata Busana, Tata Boga, Komputer, Membatik
 


Hadrah Pesantren Modern Al Azhary

Praktek komputer di Pesantren Modern Al Azhary

Fasilitas

Fasilitas di Pesantren Modern Al Azhary antaralain:
1. Gedung lantai bergaya mediteranian
2. Masjid Umi Kultsum
3. Laboratorium Komputer
4. Koperasi Siswa
5. Lapangan Olahraga          
6. Laboratorium Bahasa
7. Perpustakaan
8. Laboratorium IPA
9. Sarana Olahraga yang memadai
10. Asrama putra dan putri yang bersih
11. Free Hotspot Area 24 jam



Masjid di Pesantren Modern Al Azhary


Gedung Madrasah di Pesantren Modern Al Azhary

Alamat

Jalan Pancurendang No. 15 Lesmana, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah
Kode pos : 53163
Telepon: (0281) 571491



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.