Inilah Alasan Rasulullah SAW Menangis dalam Sujud

 
Inilah Alasan Rasulullah SAW Menangis dalam Sujud

بِسْــــــــــــــــــمِﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

LADUNI.ID, Jakarta - Kisah ini adalah bercerita tentang bagaimana Rasulullah menangis hingga terdengar ke langit dan didengar oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Saat itu, Rasulullah SAW menangis ketika beliau sedang bersujud, lalu Allah SWT memerintahkan malaikat jibril.

“Wahai Jibril datanglah kepada Muhammad dan tanyakan kenapa dia menangis?”

Malaikat Jibril pun datang kepada Baginda Nabi SAW seraya bertanya, “Wahai Rasulullah mengapa engkau menangis?”

Rasulullah SAW menjawab, aku takut dan malu jika umatku ada yang tidak selamat di akhirat kelak dan aku ingin menghisab amal umatku sendiri kelak, agar nabi-nabi yang lain dan umat-umat yang lain tidak mengetahui akan dosa-dosa umatku.

Malaikat Jibril pun kembali menghadap Allah.

Kemudian, Allah SWT berkata kepada malaikat jibril, “Ada apa dengan Muhammad dan apa yang dia inginkan?”

Malaikat jibril pun menjawab,

Sesungguhnya Rasulullah SAW takut dan malu jika ada umatnya yang tidak selamat di akhirat kelak dan beliau ingin menghisab sendiri amal-amal umatnya agar nabi-nabi yang lain dan umat-umat yang lain tidak mengetahui atas dosa-dosa dari golongan umatnya.

Allah SWT berfirman,

Wahai jibril katakan kepada Muhammad, biarlah aku yang akan menghisab amal umatnya dan jika Muhammad malu kepada nabi-nabi yang lain dan umat-umat yang lain karena takut mereka tahu akan dosa-dosa umat Muhammad, Aku tidak akan memberitahunya walaupun kepada Muhammad sendiri.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ۞ ﺍﻟﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ۞ ﻭَﺍﻟﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ۞ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟﺤَﻖِّ ۞ ﻭَﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ۞ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ ۩

Semoga bermanfaat…

 

(Putra Wijaya)