Pesantren Karya Pembangunan (PKP) Manado

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Karya Pembangunan (PKP) Manado

PROFIL

Pondok Pesantren Karya Pembangunan sebagai Lembaga Pendidikan Islam, sekaligus dilaksanakan kegiatan program pendidikan dengan jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Madarasah Aliyah. Dalam perkembangannya, Lembaga Pendidikan Islam Pondok Karya Pembangunan Manado selanjutnya bernaung dalam satu yayasan yaitu Yayasan Karya Islamiyah (YKI).

Pondok Pesantren Karya Pembangunan dirintis dan dikembangkan KH. Rizali M. Noor lalu dilanjutkan kepengasuhan oleh putranya KH. Muhammad Syarif Azhar, Lc. Pondok Pesantren Karya Pembangunan berlokasi di Jalan Arie Lasut, Kelurahan Kombos Timur, Kecamatan Singkil, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Selama dua dasawarsa LPI-PKP ini berkecimpung, eksistensinya sudah sangat dirasakan dalam masyarakat. Terbukti dengan kontribusi yang nyata terhadap umat Islam khususnya di Sulawesi Utara dalam mempersiapkan kader-kader pembangunan bangsa yang takwa, cakap dan dinamis serta terampil, yang disertai dengan akhlak yang mulia.

Interaksi lembaga ini dengan masyarakat Islam Sulawesi Utara khususnya melahirkan keadaan yang berbeda bagi lembaga ini dari awalnya. Hal ini ditandai dengan munculnya bangunan-bangunan baru seperti asrama berlantai tiga, gedung perpustakaan, laboratorium bahasa, kelas multimedia, RKB berlantai dua serta sebuah mesjid yang cukup megah yang semuanya merupakan partisipasi dari umat Islam.

Memasuki usia yang ketigapuluh empat tahun ini diharapkan pada masa akan datang lembaga ini menjadi pilar bagi pendidikan moral bangsa yang dapat melahirkan kader-kader yang mempunyai kualitas baik IMTAK maupun IPTEK-nya seiring dengan perjalanan sejarah lembaga ini.  

Sejarah
Pesantren Kombos atau Pondok Karya Pembangunan resmi didirikan pada 21 Juli 1977. Berdirinya PKP tak lepas dari sejarah terpilihnya Manado sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-10 Tingkat Nasional, Juli 1977.

Stadion Klabat Manado menjadi lokasi pelaksanaan lomba. Dibuka Presiden Soeharto. Hajatan ini diikuti kontingen dari seluruh Indonesia. Waktu itu masih 27 provinsi. Terdiri 186 qori dan qoriah, 136 official, 300 peninjau, 22 dewan hakim, dan kurang lebih 2.000 anggota rombongan kesenian.

Seusai MTQ, Menteri Agama Prof Dr Abdul Mukti Ali waktu itu meminta kepada Gubernur Sulut Hein Victor Worang untuk membuat monumen. Tujuannya sebagai pengingat bahwa Manado pernah tuan rumah MTQ X Tingkat Nasional. Kemudian disepakati untuk mendirikan pesantren dan Islamic Center di Manado.

Islamic Centre dibangun di area Masjid Raya Manado. Tepatnya kini di Jalan WR Supratman, Lawangirung, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara, sedangkan tempat menginap peserta MTQ selama Manado dipilih menjadi pesantren.

Kemudian diberi nama Lembaga Pendidikan Islam Pondok Karya Pembangunan. KH. Rizali M Noor, kemudian diamanahkan sebagai pengelolah PKP. Alasannya karena Rizali mampu berprestasi sebagai peserta MTQ X Nasional cabang Tilawah tingkat remaja.

Pendiri
KH. Rizali M. Noor
Pengasuh
KH. Rizali M. Noor
KH. Muhammad Syarif Azhar, Lc

PENDIDIKAN

Unit Pendidikan

  1. MTs PKP
  2. MA PKP
  3. Madrasah Al Qur'an PKP
  4. Lembaga Kajian Kutub Al Turats Aswaja

EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler di Pesantren Pesantren Karya Pembangunan yang bisa diikuti santri, antara lain:
1. Kajian Kitab
2. Seni baca Al Qur'an
3. Pramuka
4. Beladiri Tapak Suci
5. Tilawatil Qur'an
6. Marching Band
7. PMR
8. Paskibra
9. Jurnalistik
10. Rebana/Hadrah
11. Paduan Suara
12. Komputer
13. Web Design
14. Olahraga
 


Hadrah di Pesantren Karya Pembangunan (PKP)


Ekstrakurikuler Komputer di Pesantren Karya Pembangunan (PKP)

FASILITAS

Fasilitas di Pesantren Pesantren Karya Pembangunan  :
1. Gedung Pesantren
2. Masjid
3. Perkantoran
4. Perpustakaan
5. Koperasi
6. Gedung Madrasah
7. Labotarium IPA
8. Labotarium Komputer
9. Labotarium Bahasa
10. Klinik Kesehatan
11. Kantin
12. Gudang
13. Poskestren
14. MCK
15. Sanitasi



Masjid di Pesantren Karya Pembangunan (PKP)


Gedung Sekolah di Pesantren Karya Pembangunan (PKP)

ALAMAT

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.